Menhub Lepas KM Ciremai Bawa Pemudik Motor Gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Semarang dan Surabaya

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 30/Apr/2022 09:45 WIB
Menhub saat lepas mudik gratis sepeda motor dengan kapal Pelni Menhub saat lepas mudik gratis sepeda motor dengan kapal Pelni

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - PT Pelayaran Nasional Indonesia - PT Pelni (Persero) telah memberangkatkan KM Ciremai untuk mengangkut pemudik dan kendaraan sepeda motor dalam program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut besutan Kementerian Perhubungan. 

Kapal bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/4/2022) malam, untuk selanjutnya menuju Semarang dan Surabaya.

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Keberangkatan KM Ciremai dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Utama PT Pelni (Persero) Tri Andayani beserta jajaran direksi dan pemangku kepentingan kepelabuhanan lainnya.

KM Ciremai adalah kapal kedua yang diberangkatkan dalam program ini. Sebelumnya, KM Dobonsolo telah diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa (26/4/2022).

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

Tri Andayani atau akrab disapa Anda menjelaskan, untuk arus mudik kedua kapal tersebut telah mengangkut sebanyak 2.098 pemudik dan 919 unit kendaraan sepeda motor.

"Pelni menghaturkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan sehingga dapat berkontribusi dalam program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2022. Kami siap dan akan terus mendukung program-program pemerintah lainnya," ungkap Anda.

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Perusahaan mencatat sebanyak 216 unit kendaraan motor dan 470 pemudik telah diberangkatkan dengan KM Dobonsolo menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Adapun 197 unit kendaraan motor dan 413 pemudik telah diberangkatkan dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan 19 unit kendaraan motor dan 57 pemudik dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sementara untuk keberangkatan KM Ciremai tercatat sebanyak 703 unit kendaraan motor dan 1.628 pemudik. Dari jumlah tersebut, sebanyak 649 unit kendaraan motor dan 1.481 pemudik bertolak untuk tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan 54 unit kendaraan motor dan 147 pemudik dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Anda menambahkan, KM Dobonsolo dan KM Ciremai juga telah dipersiapkan untuk melayani arus balik pelayaran mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. 

"Pelayaran arus balik akan dimulai dari Surabaya pada Senin (9/5) dengan KM Ciremai dan selanjutnya KM Dobonsolo pada Rabu (11/5). Hingga kini tercatat sebanyak 4.787 pemudik dan 2.195 unit kendaraan motor telah mendaftar untuk arus balik," ucapnya.

Untuk melihat kuota yang tersedia, calon peserta program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dapat mengakses website mudikgratis.dephub.go.id. secara berkala. KM Dobonsolo dan KM Ciremai mampu mengangkut hingga 2.500 pemudik dan 1.250 unit motor.

KM Ciremai dan KM Dobonsolo merupakan kapal dengan tipe 3 in 1. Kapal tersebut tidak hanya dapat mengangkut penumpang saja, tetapi juga dapat mengangkut muatan barang dan kendaraan.

Di masa angkutan lebaran 2022, KM Ciremai melayari rute Tanjung Priok - Semarang - Surabaya - Makassar - BauBau - Sorong (PP). Sementara KM Dobonsolo melayari rute Tanjung Priok - Semarang - Surabaya - Makassar - BauBau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura (PP). (omy)