Menparekraf Ajak Masyarakat Kunjungi Destinasi Wisata dan Sentra Ekraf Lokal

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 30/Apr/2022 18:40 WIB
Menparekraf di salah satu anjungan Taman Mini Menparekraf di salah satu anjungan Taman Mini


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat untuk berkunjung ke destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif di sekitar daerahnya sebagai upaya mendukung kebangkitan ekonomi serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja.   

"Buat masyarakat yang tidak mudik, ada peluang untuk tetap melakukan kegiatan wisata dan ekonomi kreatif di libur lebaran kali ini. Kita akan hadirkan program berwisata di lebaran juga ada program-program lain untuk membangkitkan ekonomi dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau kesiapan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam menghadapi libur lebaran, Sabtu (30/4/2022). 

Baca Juga:
Menparekraf: Ekonomi Berkelanjutan Jadi Kunci Pariwisata Indonesia Sebagai Destinasi Global

Bagi masyarakat Jakarta yang tidak mudik atau mereka yang memang tinggal di sekitar Jabodetabek, salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah TMII. 

Saat ini destinasi wisata yang berada di Jakarta Timur itu masih dalam tahap revitalisasi. Namun dalam menyambut momentum libur lebaran, pengelola memutuskan untuk membuka secara terbatas TMII mulai hari ini (30/4/2022) hingga 8 Mei 2022. 

Baca Juga:
Menparekraf: BaliSpirit Festival 2024 Perkuat Indonesia sebagai Destinasi Wellness Tourism Dunia

"Untuk masyarakat Indonesia yang tidak mudik, masyarakat Jakarta yang ada di Jabodetabek, Taman Mini ini merupakan destinasi wisata favorit dan memiliki track record yang cukup eksis dengan kunjungan yang sangat tinggi. Hari ini kita melihat langsung proses revitalisasi TMII yang memang sudah menjadi ikonis," kata Sandiaga. 

Dia menilai, meski kawasan TMII masih dalam proses revitalisasi, namun kesiapan pengelola untuk membuka secara terbatas TMII selama libur lebaran sudah cukup baik. 

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

"Saya sudah memantau protokol untuk e-ticket, juga scan QR code, protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan semuanya. Harapan kami TMII segera direvitalisasi untuk membangkitkan ekonomi membuka peluang usaha dan lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga yang juga meninjau revitalisasi TMII dengan menggunakan mobil listrik.  

Selain TMII dan dua destinasi lain yang sudah menjadi favorit wisatawan seperti Taman Impian Jaya Ancol serta Taman Margasatwa Ragunan, Menparekraf juga merekomendasikan sejumlah destinasi lain yang bisa jadi pilihan masyarakat di Jakarta. Seperti Setu Babakan, Kampung Wisata Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, Pecinan Glodok, serta beberapa destinasi unggulan lain termasuk wisata belanja. 

Banyak shopping mall yang menawarkan berbagai promosi. Di Jakarta ini kulinernya sangat beragam, jadi wisata kuliner di Jakarta juga bisa jadi pilihan. 

"Kalau mau berwisata di #JakartaAja, kalau mau berlibur di #IndonesiaAja," ujar Sandiaga. 

Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana menjelaskan dalam operasional terbatas ini TMII menetapkan pembatasan kuota pengunjung sebanyak 25 persen atau sekitar 15 ribu orang per hari. Jam operasional dimulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. 

Sedangkan wahana yang beroperasi juga tidak seluruhnya, hanya 11 wahana yang akan beroperasi selama periode libur lebaran kali ini. 

“Dalam menyambut libur lebaran kali ini akan ada 11 wahana yang dibuka, seperti Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Kereta Gantung, Taman Legenda Keong Emas, Skyworld, PP IPTEK, SS Waterpark, Istana Anak-Anak Indonesia, Museum, dan Anjungan Daerah,” ujarnya.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, pengelola TMII, akan menyiapkan kantong-kantong parkir kendaraan. 

"Karena sebagian besar pedestrian masih belum selesai. Mudah-mudahan ini bisa memberikan kemudahan dan rasa berlibur yang aman dan lancar bagi wisatawan," kata I Gusti Putu Ngurah Sedana. 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata menambahkan, Pemprov DKI Jakarta di momentum libur lebaran kali ini mengusung kampanye Lebaran di Jakarta. 

Banyak destinasi yang dapat menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu libur lebaran. 

"Banyak pilihan wisata di Jakarta, diantaranya wisata kuliner, wisata belanja, wisata taman kota, dan wisata taman atraksi. Juga ada wisata bahari dan Kepulauan Seribu. Dalam kaitan dengan taman wisata, Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu unggulan kawasan wisata yang ada di Jakarta," kata Andhika.  

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; serta Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua. (omy)