Pelabuhan Dumai-Malaka Mulai 5 Mei Dibuka Lagi

  • Oleh : Taryani

Selasa, 03/Mei/2022 11:20 WIB
Pelabuhan Internasional Dumai menuju Malaka dibuka 5 Mei 2022, berikan kemudahan keimigrasian dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan pada masa pandemi COVID-19. (Foto:ANTARA) Pelabuhan Internasional Dumai menuju Malaka dibuka 5 Mei 2022, berikan kemudahan keimigrasian dalam rangka mendukung pariwisata berkelanjutan pada masa pandemi COVID-19. (Foto:ANTARA)

PEKANBARU (BeritaTrans.com) - Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau Erisman Yahya menyampaikan kesiapan pemerintah daerah untuk membukakembali Pelabuhan Internasional Dumai-Malaka pada 5 Mei 2022.

"Sesuai rencana pemerintah, pelabuhan internasional Dumai-Malaka akan dibuka mulai 5 Mei 2022," kata Erisman Yahya kepada media di Pekanbaru.

Ia mengatakan, rapat koordinasi sedang dilakukan untuk membahas rencana pembukaan kembali Pelabuhan Internasional Dumai yang telah ditetapkan melalui SE nomor IMI-0584.GR.01.01 tahun 2022 oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia Kementerian Hukum dan HAM .

Latar belakang penerbitan SE tersebut untuk mengoptimalisasi fungsi keimigrasian sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat dan mendukung kebijakan pemerintah membuka kembali sektor wisata secara lebih luas dengan konsep pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism).

Untuk itu, perlu adanya kemudahan keimigrasian berlandaskan asas resiprositas dan asas kemanfaatan berupa pemberian bebas visa kunjungan dan visa kunjungan saat kedatangan bersifat terbatas yang diperuntukkan bagi orang asing tertentu.

"Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a, perlu menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi tentang Kemudahan Keimigrasian Dalam Rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019," katanya. (tr/Sumber:ANTARA)