Kapal Nelayan Hilang Kontak di Perairan Selatan Gunung Kidul Yogyakarta

  • Oleh : Taryani

Selasa, 03/Mei/2022 12:07 WIB
Pencarian ketiga orang nelayan hlang di Tebing Umbul, Gunungkidul, Yogyakarta, Senin (2/5/2022). (Foto:tvonenews.com) Pencarian ketiga orang nelayan hlang di Tebing Umbul, Gunungkidul, Yogyakarta, Senin (2/5/2022). (Foto:tvonenews.com)

GUNUNG KIDUL (BeritaTrans.com) - Perahu nelayan dilaporkan hilang kontak di wilayah perairan selatan Gunungkidul. Kapal dengan tiga orang awak ini diketahui sedang dalam perjalanan dari Sendang Biru, Malang, Jawa Timur, menuju Cilacap, Jawa Tengah.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko, mengatakan, ketiga orang nelayan ini diperkirakan hilang di sekitaran Pantai Ngitun, Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Gunungkidul.

"Ketiga orang nelayan tersebut, lanjut Sunu, masing-masing bernama Anggi Pratama (19), warga Kapanewon Girisubo, Gunungkidul, Riki (21) dan Hendra (23), keduanya warga Cilacap, Jawa Tengah. Kemungkinan di dekat Tebing Umbul, sebelah barat Pantai Ngitun," terang Sunu, Senin (02/05/2022).

Dari keterangan yang didapatkan, kata Sunu, ketiganya berangkat dari Pantai Sendang Biru, Malang, Jawa Timur, sejak hari Rabu (27/04/2022) sekitar pukul 21.00 WIB, dan bermaksud berlayar menuju Cilacap, Jawa Tengah.

"Sebelum hilang kontak, ketiga nelayan ini sempat melakukan komunikasi dengan Poniman (55), nelayan asal Girisubo. Kontak terakhir dilakukan pada Jumat (29/04/2022) pukul 02.45 WIB," kata Sunu.

Pada kontak terakhir tersebut, mereka mengabarkan bahwa perahu mengalami panas mesin dan bermaksud mendinginkan mesin di tengah perairan Pantai Baron.

"Tak lama kemudian, ketiga orang nelayan tersebut sudah tidak bisa dihubungi lagi," ungkap Sunu.

Saksi (Poniman) kemudian melaporkan kejadian tersebut ke anggota SAR di Pantai Sadeng, Kapanewon Girisubo dan langsung ditindaklanjuti dengan pencarian dibantu oleh rekan nelayan yang lain.

Dalam penyisiran ke arah barat, tepatnya di Tebing Umbul, atau sebelah barat Pantai Ngitun, tim SAR menemukan serpihan badan perahu.

"Kami menduga, ketiga orang nelayan tersebut hilang di kawasan ini. Mengingat serpihan yang kami temukan seperti ciri dari perahu yang hilang kontak," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, ketiga orang nelayan yang hilang belum berhasil ditemukan, dan tim SAR masih melakukan upaya pencarian, dibantu personil Basarnas. (tr/Sumber:tvonenews.com)