Kapal Nelayan Terbakar di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Ditjen Hubla Berhasil Tangani Pemadamannya

  • Oleh : Naomy

Rabu, 04/Mei/2022 14:31 WIB
Sisa kapal.terbakar di Cilacap Sisa kapal.terbakar di Cilacap

CILACAP (BeritaTrans.com) -  Kebakaran beberapa kapal nelayan terjadi Dermaga Wijayapura, Kabupaten Cilacap pada Selasa (3/5/2022).

Berkat aksi cepat KSOP Cilacap, Ditjen Hubla, kebakaran berhasil dipadamkan. 

Baca Juga:
Tim KPLP Kemehub Evakuasi Kapal Pertamina MT Kristin Terbakar di Perairan NTB

Kepala KSOP Cilacap, Capt Purgana mengatakan, saat insiden terjadi pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak dan instansi terkait.

"Kami selaku koordinator di Tanjung Intan Cilacap harus menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran. Selain dengan Disnav Cilacap kami juga berkoordinasi dengan Pemkab Cilacap, PT Pelindo, dan PT Pertamina Trans Kontinental," ujarnya.

Selain itu, upaya pemadaman melalui darat pun dilakukan bersama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Cilacap dan pemadaman melalui sisi laut oleh PT Pelindo dan PT Pertamina Trans Kontonental.

Adapun kronologi kejadian dimulai pada saat Kapal Mbatere yang sedang bersandar di Dermaga Wijayapura Kabupaten Cilacap tiba-tiba terbakar sekitar pukul 17.15 WIB.

"Sebelum terjadinya kebakaran terdengar ledakan di kapal nelayan dan dengan cepat api merambat ke kapal lain yang berada di sekitar tersebut," ungkapnya.

Capt Purgana melanjutkan, tali pada kapal terbakar putus sehingga membakar kapal yang ada di kepanduan dan di beaching area.

Sebagai informasi, aksi pemadaman melalui sisi darat dilakukan oleh mobil pemadam kebakaran Pemkab Cilacap dan dari sisi laut oleh Pihak Pelindo dengan kapal TuG Boat (TB) Bima, TB. 243 dan TB Jaya Negar 308, dan dari PT Pertamina Trans Kontinental menggunakan kapal TB Transko MURAI.

"Sementara ini kami tutup alur pelayaran dan akan melakukan pengecekan alur bersama dengan Disnav Cilacap untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran," tutupnya. (omy)