Kandas di Perairan Sapeken, Ratusan Penumpang KM Sabuk Nusantara 91 Berhasil Dievakuasi Tim QRT Ditjen Hubla

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 06/Mei/2022 08:07 WIB
Evakuasi Rim QRT Sapeken pada kapal kandas Evakuasi Rim QRT Sapeken pada kapal kandas

 

SAPEKEN (BeritaTrans.com) - KM Sabuk Nusantara 91 kandas di wilayah perairan Pelabuhan Sapeken, Jawa Timur, Kamis (5/5/2022).   

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Sapeken yang menurunkan tim Quick Response Team (QRT) berhasil mengevakuasi dan menyelamatkan 384 penumpang kapal tersebut.

Sedangkan 50 orang meminta bertahan di atas kapal untuk menjaga barang. 

Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai ( KPLP ) UPP Sapeken menyiagakan Kapal Patroli bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk penjemputan penumpang yang di atas kapal.

Kepala UPP Sapeken, Edi Kuswanto bersyukur, tidak ada korban jiwa dalam insiden kandasnya KM Sabuk Nusantara 91 tersebut.

"Kapal diduga menyerempet karang dan tersangkut di perairan Pulau Sapeken – Kangean sekira pukul 12.30 WIB dalam perjalanannya dari Pelabuhan Sapeken menuju Kalianget, Sumenep, Madura," ujar Edi, Jumat (6/5/2022).

Dia mengungkapkan, pada saat kejadian, KM Sabuk Nusantara 91 tengah membawa 434 orang penumpang dari total kapasitas kapal sebanyak 530 orang.

"Ini sekaligus menepis isu yang beredar bahwa kapal kelebihan jumlah penumpang  karena kenyataannya jumlah penumpang kapal masih di bawah jumlah kapasitas maksimal," katanya.

Edi bilang, pada saat kejadian, kapal keluar alur sekitar 5 NM dan mengalami insiden kapal kandas pada pukul 13.00 WIB dengan posisi Kapal koordinat Lintang /Bujur 06 56.3926'S - 115 41.2655'E. 

Saat itu, kondisi arus kuat sehingga haluan kapal terlempar ke kiri.

"Kemudian Nakhoda mengambil tindakan memberi komando olah gerak mengusahakan kapal keluar dari posisi kapal kandas dan dikarenakan kondisi air semakin surut dan tidak memungkinkan untuk melakukan olah gerak kapal, maka Nakhoda mengambil kesimpulan dengan berkoordinasi bersama Instansi Syahbandar, Dinas Perhubungan dan Keagenan terkait untuk evakuasi penumpang," bebernya.

Usai kejadian, seluruh penumpang yang berada di kapal langsung dievakuasi oleh kapal patroli KNP 5257 milik UPP Sapeken dibantu oleh beberapa kapal nelayan setempat. 

Evakuasi berjalan lancar  dan seluruh penumpang dinyatakan selamat.

"Pada kesempatan ini,  UPP Sapeken mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat yang telah bekerja keras dalam membantu proses evakuasi penumpang," ujarnya.

Edi menambahkan, KM Sabuk Nusantara 91 akan dievakuasi saat air laut tengah pasang yakni siang hari sekitar pukul 12.00 WIB dan akan dilakukan pengecekan lebih lanjut terhadap armada serta kondisi bawah laut.

"Saya minta nakhoda membawa KM Sabuk Nusantara 91 untuk kembali ke Pelabuhan Sapeken agar bisa dilakukan pemeriksaan menyeluruh demi keselamatan pelayaran,” tegasnya.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengirimkan KM Sabuk Nusantara 115 sebagai pengganti KM Sabuk Nusantara 91. 

"Kapal berangkat pagi ini dari Surabaya menuju lokasi kandas kapal," tutupnya. (omy)