Bandara Kualanamu Ramai, Ada Pengantar dan Penumpang Penuhi Ruang Tunggu

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 06/Mei/2022 19:49 WIB
Suasana di ruang tunggu di depan pintu masuk naik pesawat di Bandara Kualanamu, Jumat (6/5/2022). Suasana di ruang tunggu di depan pintu masuk naik pesawat di Bandara Kualanamu, Jumat (6/5/2022).

DELI SERDANG (BeritaTrans.com) - Hingga Jumat (6/5/2022) malam, masyarakat ramai memenuhi memenuhi Bandara Internasional Kualanamu. Mereka ada yang berangkat menggunakan pesawat dan ada juga yang merupakan bagian pengantar. 

Ramainya orang terlihat dari mulai area masuk keberangkatan bandara, hingga masuk area check in, calon penumpang tampak ramai juga mengantri di kounter-kounter yang tersedia. 

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Siap Layani Angkutan Lebaran

Pantauan BeritaTrans.com penumpang juga tampak ramai terlihat di area pintu jalur keberangkatan. Ruang tunggu tampak penuh, bahkan penumpang banyak yang duduk di lantai sekitar area tersebut. 

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Terapkan National Logistic Ecosystem

Terlihat sekeluarga yang beserta anak dengan barang bawaan duduk. Mereka tampak ada yang memainkan gadgetnya juga ada yang tengah asik menikmati makanan yang dibawa. Tak sedikit pula penumpang hilir mudik sembari lelihat-lihat bandara. 

Kurun H-10 hingga H+3 Idulfitri 1443 Hijriah, total jumlah penumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, mencapai 219.123 orang dan 1.853 penerbangan. 

Baca Juga:
Tiba di Bandara Kualanamu, Penerbangan Perdana Qatar Airways Disambut Water Salute

Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu Eri Biantoro memperkirakan jumlah penumpang bandara mencapai 15.000 orang pada H+4 Lebaran hari ini.  

Jumlah rata-rata tersebut diprediksi akan terus bertambah hingga puncak arus balik pada Sabtu (7/5/2022) hingga Senin (9/5/2022) mendatang. 

"Kami mengimbau agar para pemudik dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal, sehingga tidak terkonsentrasi pada 7 - 9 Mei. Perjalanan lebih awal sangat membantu pergerakan penumpang pada arus balik terdistribusi dengan baik," ujar Eri. 

Pada arus balik, kata Eri, PT Angkasa Pura II akan fokus pada kelancaran proses kedatangan penumpang. Antara lain pada pengaturan kedatangan pesawat, pengambilan bagasi (baggage claim) dan transportasi darat (bus, taksi dan sebagainya).  

Selama 12 hari sejak 22 April - 5 Mei lalu, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Internasional Kualanamu secara kumulatif mencapai 219.123 orang. Sedangkan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 1.853 penerbangan. 

Adapun lima besar destinasi dari Bandara Internasional Kualanamu pada periode tersebut adalah tujuan Cengkareng (Jakarta), Batam, Bandung, Kuala Lumpur, dan Yogyakarta. 

Eri mengatakan, komitmen kolaborasi yang apik antara PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder membantu pelaksanaan arus mudik di Bandara Internasional Kualanamu berjalan dengan lancar. 

Pada arus mudik lalu, petugas bandara dan pihak terkait lainnya melakukan penyesuaian pola operasional.  

Kemudian melakukan pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara (airside) bandara. Lalu kecepatan dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling.  

"Melalui kolaborasi tersebut, kami dapat mengakomodir tingginya permintaan pada Angkutan Lebaran 2022 dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan," kata Eri. (fhm)