Ditjen Hubla Dukung Polri Tuntaskan Kasus Pungli Parkir di Menara Suar Anyer

  • Oleh : Naomy

Minggu, 08/Mei/2022 10:31 WIB
Capt. Mugen Sartoto Capt. Mugen Sartoto


CILEGON (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memberikan dukungan terhadap tindakan Kepolisian atas adanya dugaan pungutan liar parkir di menara suar Anyer

Hal itu setelah mendapatkan laporan adanya seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Tanjung Priok yang telah diamankan oleh Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungli Polres Cilegon.

Baca Juga:
Kemenhub Bahas Keterbatasan Kuota BBM Subsidi Pada Sektor Transportasi Laut Melalui Rakor

"Kami mendukung penuh upaya Kepolisian dalam penanganan kasus dugaan pungli parkir di Menara Suar Anyer dimaksud dengan mengedepankan azas praduga tak bersalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegas Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Mugen S. Sartoto, Ahad (8/5/2022).

Pihaknya tidak mentolerir setiap perbuatan ASN yang terbukti melanggar hukum dan akan memberikan sanksi bila melakukan pelanggaran hukum tersebut.

Baca Juga:
Kemenhub Gelar Workshop On The Maritime Single Window

Sebagai informasi, bahwa saat ini Kementerian Perhubungan melalui Instruksi Menteri Perhubungan  Nomor IM 9 Tahun 2021 melakukan Penerapan Prinsip 4 No's Di Lingkungan Kementerian Perhubungan yaitu No Gifts (tidak menerima pemberian hadiah dari pihak yang berkepentingan), No Bribery (tidak menerima suap), No Kickback (tidak menerima balas jasa yang diduga memiliki kepentingan), No Luxury Hospitality (tidak menerima pelayanan yang berlebihan/tidak wajar).

Saat ini menara suar Anyer berada di wilayah tugas Distrik Navigasi Tanjung Priok yang berfungsi sebagai penunjang keselamatan pelayaran untuk kapal-kapal yang melintas.

Baca Juga:
Kemenhub Dukung Upaya Swasembada Daging Nasional Melalui Angkutan Kapal Ternak

Di hari tertentu atau hari libur, wilayah menara suar ini dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dan Karang Taruna setempat sebagai tempat wisata. (omy)