Ditjen Hubla Tingkatkan Kompetensi Protokoler Melalui Penyuluhan dan Pembinaan MC

  • Oleh : Naomy

Selasa, 17/Mei/2022 18:49 WIB
Pelatihan bagi protokoler Ditjen Hubla (indi) Pelatihan bagi protokoler Ditjen Hubla (indi)

BOGOR (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar kegiatan “Penyuluhan dan Pembinaan Keprotokolan dan MC di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun Anggaran 2022”, selama tiga hari di Bogor.

Baca Juga:
Posko Angkutan Laut Lebaran 2024 Dimulai Hari ini

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Ditjen Hubla, Achmad Somantri mengatakan, kegiatan ini diikuti 30 peserta, yang berasal dari Kantor Pusat Ditjen Hubla dan Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
 
"Saya berharap dengan melalui kegiatan ini akan memeroleh ilmu atau dasar pelayanan pimpinan yang lebih baik, andal, cepat dan lugas sebagai Protokoler di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam melayani segala macam hal acara Formal dan Non Formal di era Milenial dan masa pandemi yang masih ada saat ini," ujarnya, Selasa (17/5/2022).

Dengan menggabungkan dua aturan keprotokolan dan protokol Kesehatan guna memberikan kenyaman Kesehatan dalam pekerjaan pimpinan di transportasi khususnya bidang Transportasi Perhubungan Laut.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Sosialisasi Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan Keprotokolan dan MC di Lingkungan Ditjen Hubla Tahun Anggaran 2022, ini dimaksudkan untuk memberikan dasar wawasan, pengetahuan dan pengembangan bakat Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bidang Keprotokolan dan MC dengan tujuan meningkatkan kualitas dan peran serta Aparatur Negeri Sipil (ASN) dalam pelayanan kegiatan kepemerintahan.

"Selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada Narasumber yang memberikan materi dan bimbingan dalam kegiatan ini dan saya berharap agar kiranya para peserta mengikuti dengan penuh semangat dan dapat bermanfaat untuk dapat di terapkan pada unit kerja masing-masing," ujarnya.

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

Kegiatan ini diharapkan dapat membuka dan meningkatkan wawasan yang seluas-luasnya tentang tata cara di bidang keprotokolan dan MC sesuai dengan pedoman. 

Serta mendorong minat dan bakat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Ditjen Hubla untuk ikut berperan aktif pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Ditjen Hubla.
 
Sebagai informasi, materi yang disampaikan dalam penyuluhan ini mencakup:
a. Persiapan Etika dan MC;
b. Penguasaan Panggung Acara;
c. Olah Vokal (Artikulasi dan Intonasi);
d. Tata rias;
e. Praktik Table manner;
f. Praktik Acara Resmi I & II;
g. Praktik Acara Semi Formal;
h. Evaluasi
i. Keahlian Komunikasi Verbal;
j. Teknik Mengatasi Hambatan Internal/Eksternal;
k. Teori Keprotokolan;
l. Praktik Keprotokolan. (omy)