Berikan Kuliah Umum di Kampus Kemenhub, Kepada BPSDMP Siapkan Forum Taruna Transportasi

  • Oleh : Fahmi

Senin, 23/Mei/2022 10:12 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Indonesia diproyeksikan menjadi lima negara dengan ekonomi terbesar dunia pada 2045 mendatang, hal ini dapat diwujudkan dengan memanfaatkan bonus demografi, salah satunya yaitu para Taruna Kementerian Perhubungan yang nantinya akan menjadi calon pemimpin bangsa. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, saat memberikan kuliah umum di Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal pada Ahad (22/5/2022). 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

“Oleh karena itu kalian harus bersyukur dan berusaha menjadi yang terbaik, karena dapat menjalakan pendidikan di Kampus Kementerian Perhubungan, dimana tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama dengan kalian,” ungkap Kepala BPSDMP. 

Sebagai calon pemimpin bangsa yang akan membawa Indonesia Emas di tahun 2045, ia menegaskan kepada para Taruna untuk memiliki dedikasi, disiplin, dan loyalitas karena hal tersebut merupakan kunci sukses untuk mencapai tujuan khususnya di Sektor Transportasi. 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

“Tidak lupa, Lima Citra Manusia Perhubungan sebagai pedoman bagi Insan Transportasi, harus dipegang teguh dan dilaksanakan,” ucap Kepala BPSDMP. 

Selain itu, Kepala BPSDMP juga berpesan agar para Taruna dapat terus meningkatkan kompetensi, bukan hanya dari ilmu yang didapatkan dari pendidikan di kampus namun juga dari literasi apapun sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar. 

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

“Harapan saya, ketika kalian sempat melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh di rumah masing-masing ketika pandemi, kalian dapat mengambil kesempatan untuk melakukan kegiatan positif yang dapat meningkatkan kompetensi,” pesan Kepala BPSDMP. 

Untuk itu, Kepala BPSDMP juga berencana untuk membuat suatu wadah bagi para Taruna Transportasi di seluruh Indonesia untuk dapat berinteraksi, saling berbagi ilmu, dan berbagi pengalaman. 

“Kemarin saya sudah meminta jajaran BPSDMP untuk membentuk Forum Studi Transportasi, kedepannya saya juga akan membentuk Forum Taruna Transportasi sebagai tempat untuk sharing Knowledge dan pengalaman,” ujar Kepala BPSDMP. 

Senada dengan hal tersebut di atas, Sekretaris BPSDMP, Capt. A. Arif Priadi, yang turut hadir memberikan pengarahan, mengungkapkan bahwa Taruna Transportasi harus menjadi pribadi yang Profersional, memiliki Etika, ber-Standar Internasional, dan memiliki Integritas, atau disingkat PRESTASI. 

“PRESTASI tersebut harus dimiliki oleh kalian Taruna Transportasi, baik secara singkatan dari Profesional, Etika, Standar global, dan Integritas, tetapi juga sebagai sebuah kata Prestasi,” pungkas Sekretaris BPSDMP. 

Kuliah umum di dua Kampus Transportasi di Jawa Tengah ini diikuti sebanyak 410 Taruna PIP Semarang dan 300 Taruna PKTJ Tegal. Turut hadir dalam kuliah umum ini yaitu Kepala Biro Hukum Kementerian Perhubungan, Harry Kriswanto, Direktur PIP Semarang, Capt. Dian Wahdian, Direktur PKTJ Tegal, Dr. Siti Maimunah, dan Direktur Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh, Capt. Tri Cahyadi.(fhm)