Jelang Praktik Regional Marpolex, Indonesia, Filipina, dan Jepang Gelar Table Top Exercise

  • Oleh : Naomy

Rabu, 25/Mei/2022 09:30 WIB
Table top exercise Table top exercise


MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Jelang praktik latihan basah Regional Marine Pollution Exercise (Marpolex) besok (26/5/2022), tiga negara anggota yakni Indonesia, Filipina, dan Jepang Coast Guard gelar table top.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Capt. Weku Frederick Karuntu menyampaikan bahwa teori pengaturan strategi dalam table top ini dilakukan untuk menyukseskan latihan esok hari.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

"Kita mengatur rencana dan strategi agar simulasi berjalan lancar," ujarnya, Rabu (25/5/2022).

Dia menyampaikan, dalam Marpolex yang rutin digelar satu tahun sekali untuk nasional dan dua tahun sekali untuk regional ini selalu ada pemutakhiran teknis dalam penanganan tumpahan minyak di laut.

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Hal itu guna meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) terkait pada saat terjadi tumpahan minyak yang merupakan polusi di laut.

"Kita juga tingkatkan terus kerja sama dalam setiap latihan untuk keamanan di laut," ungkap dia.

Baca Juga:
Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024, Pangkalan PLP Tanjung Priok Ditjen Hubla Kemenhub Kerahkan Armada Patroli di Perairan Indonesia

Pihaknya bersyukur dukungan negara di ASEAN juga bagus. Pada Regional Marpolex ini hadir observer dari Singapura, Malaysia, Australia, dan Denmark. (omy)