Stasiun Gambir Bakal Dialihfungsikan untuk Naik Turun Khusus KRL

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 26/Mei/2022 13:52 WIB
Stasiun Gambir. Stasiun Gambir.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Karena akan diadakan pembangunan Stasiun Manggarai, Stasiun Gambir Jakarta akan dialihfungsikan khusus untuk naik-turun penumpang KRL Commuter Line. 

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan hal ini sesuai dengan master plan pembangunan Stasiun Manggarai untuk program Double Double Track (DDT). 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Dalam master plan tersebut, desain dan fasilitas yang sedang dibangun memang dikhususkan untuk kereta jarak jauh berhenti sampai di Stasiun Manggarai. 

"Jadi nanti untuk yang Gambir akan difungsikan untuk naik-turun penumpang KRL," ujarnya saat NGOBRAS: Ngobrol Bareng Komunitas di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (25/5/2022). 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Beroperasinya Stasiun Gambir untuk naik-turun KRL tentu sangat memudahkan penumpang KRL menuju pusat kota dan dapat mengurangi beban penumpang yang turun di Stasiun Sudirman. 

Namun Rode tidak menjelaskan secara rinci kapan hal ini akan mulai diberlakukan. 

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan Kegiatan di Monas, 11 KA dari Stasiun Gambir Beroperasional di Stasiun Jatinegara

“Harapannya untuk beban yang selama ini ada di Sudirman dan seterusnya nanti bisa berkurang dan semuanya bisa langsung ke pusat kota di Gambir," sebut dia. 

Wacana pengalihfungsian Stasiun Gambir menjadi stasiun khusus KRL ini memang sudah digaungkan sejak lama.(fhm)