Alami Luka saat Kerja, Kru Bus Family Raya Tetap Joss Pasang Tromol: Pakai Minyak Rem Juga Hilang

  • Oleh : Bondan

Senin, 30/Mei/2022 11:07 WIB
Tiga kru bus Family Raya Berjibaku mengganti kanvas rem di Terminal Bekasi, Senin (30/5/2022). Foto: BeritaTrans.com. Tiga kru bus Family Raya Berjibaku mengganti kanvas rem di Terminal Bekasi, Senin (30/5/2022). Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Kru bus lintas Sumatera memang luar biasa dalam hal bekerja. 

Selain bekerja mengantarkan dan memberikan pelayanan kepada penumpang, setiap pagi hari kru selalu berjibaku melakukan pengecekan, perbaikan dan pergantian sparepart (sukucadang) sendiri, sebelum nantinya bus diberangkatkan kembali di Terminal Kota Bekasi.

Baca Juga:
H-4 Lebaran, Pemudik Tujuan Sumatera Masih Dominasi di Terminal Bekasi

Seperti yang dilakukan kru bus dari Perusahaan Otobus (PO) Family Raya yang tengah melakukan pergantian kanvas rem bus. Pengamatan BeritaTrans.com saat berada di lokasi, terlihat 3 orang kru bus Family Raya sedang sibuk dengan tugasnya masing-masing.

Pengemudi bus Family Raya sedang melakukan pergantian kanvas rem. Foto: BeritaTrans.com.

Baca Juga:
Beri Keamanan dan Kenyamanan Penumpang, Kru Bus Sumatera Rutin Perawatan Unit di Terminal Bekasi

Ada yang sedang melakukan pelepasan kanvas rem lama hingga melakukan kembali pemasangan kanvas rem baru.

"Semua kita kerjain sendiri kalau pergantian yang kecil-kecil. Kecuali kalau ada kerusakan berat baru ditangani mekanik khusus," ucap salah satu kru bus kepada BeritaTrans.com di Terminal Bekasi, Senin (30/5/2022).

Baca Juga:
Pembenahan Loket Sumatera yang Terbakar, Kepala Terminal: Sudah Ada Pengukuran Bangunan

Dari kegiatan tersebut terkadang mereka mengalami insiden kecelakaan kerja, mulai dari luka ringan hingga berat jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

"Yang ngeri itu pas copot roda, kalau posisi kita ngga sigap buat tahan roda pas di lepas, tangan atau kaki bisa kejepit," jelasnya lagi.

Saat BeritaTrans.com tengah memperhatikan kegiatan mereka melakukan pemasangan kembali kanvas rem di tempatnya. Salah satu kru bus mengalami luka di pelipis sebelah kiri akibat terkena besi panjang yang terlepas dan terpental dari tangannya.

"Sudah biasa, luka kecil doang. Nanti saja diobatinnya. Tinggal dikasih minyak rem juga hilang," pungkasnya.

Kru bus tersebut terus melanjutkan pekerjaannya sampai selesai dengan luka di pelipis kiri. (Dan)