Kemendikbudristek Gelar Muhibah Budaya, Menyusuri Jalur Rempah Nusantara

  • Oleh : Taryani

Kamis, 02/Jun/2022 21:17 WIB
Mendikbudristek,  Nadiem Anwar Makarim bersama Wakasal, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, melepas KRI Dewaruci  membawa peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 di Dermaga Koarmada II, Surabaya, Rabu (1/6/2022).  (Foto:tvonenews.com) Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim bersama Wakasal, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, melepas KRI Dewaruci membawa peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 di Dermaga Koarmada II, Surabaya, Rabu (1/6/2022). (Foto:tvonenews.com)

SURABAYA (BeritaTrans.com) -  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah, mulai 1 Juni hingga 2 Juli 2022.

Kegiatan pelayaran yang diikuti para pemuda pemudi terpilih dari 34 provinsi di Indonesia atau Laskar Rempah tersebut  sudah direncanakan sejak 2021. Namun, sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, melepas Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci yang membawa para peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 atau Laskar Rempah, menyusuri titik-titik Jalur Rempah Nusantara.

Pelepasan itu dilakukan di Dermaga Komando Armada (Koarmada) II, Surabaya, Rabu (1/6). KRI Dewaruci bersama Laskar Rempah berlayar menuju ke Makassar, dilanjutkan ke Baubau dan Buton, lalu ke Ternate dan Tidore, kemudian ke Banda Neira, selanjutnya ke Kupang, serta kembali ke Surabaya pada 2 Juli 2022.

"Hari ini, Ibu dan Bapak, kita menorehkan momen bersejarah. Keberangkatan KRI Dewaruci yang membawa Muhibah Budaya Jalur Rempah pada hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Jalur Rempah dan Pancasila adalah tonggak penting dalam perjalanan sejarah bangsa kita," kata Nadiem.

Jalur Rempah yang berpusat di Nusantara, lanjut Nadiem, berperan penting dalam mendorong kemajuan peradaban global.

Selama lebih dari seribu tahun, jauh sebelum kedatangan Eropa, para pelaut, pedagang, dan cendekia dari berbagai belahan dunia berinteraksi dan melahirkan keragaman budaya yang kemudian menjadi inti kekuatan bangsa kita," katanya.

Ditambahkan Nadiem, Pancasila lahir dari bumi dengan budaya yang beranekaragam. Pancasila tidak diciptakan, melainkan digali dari bumi Indonesia.

“Pancasila menjadi falsafah bangsa yang mempersatukan kita dalam keragaman dengan semangat kebinekaan," ujar dia.

Kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), pemerintah daerah, dan berbagai komunitas budaya.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya diplomasi budaya yang diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia, dan upaya untuk melibatkan generasi muda untuk mengenal narasi sejarah peradaban rempah dari geladak kapal Indonesia sendiri.

Nadiem mengatakan, Muhibah Budaya Jalur Rempah semakin mempertegas adidaya budaya Indonesia dan kedaulatan Indonesia yang terbangun oleh ragam budaya yang dipersatukan melalui kehangatan rempah-rempah.

"Perjalanan ini, kami yakin akan memperkuat upaya kemajuan kebudayaan dan penguatan pendidikan karakter berbasis Pancasila, yang saat ini sedang kita upayakan bersama. Bukan dengan ceramah dan pidato, tapi dengan aksi, mengarungi lautan seperti leluhur kita dulu, berjumpa dengan masyarakat yang beranekaragam dengan semangat persaudaraan dan gotong-royong," kata Mendikbudristek.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid mengungkapkan,  pemerintah berupaya mengajukan Jalur Rempah sebagai Warisan Budaya Dunia yang diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di Tahun 2024.

“Kami mengajak masyarakat  mendukung pengakuan Jalur Rempah sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Mari menggali kejayaan bahari Indonesia di setiap simpul Jalur Rempah untuk membangun masa depan Indonesia merdeka berbudaya,” ujar Hilmar. (tr/Sumber:tvonenews.com)