Presiden Resmikan 3 Pelabuhan Penyeberangan dan 1 Kapal di Wakatobi

  • Oleh : Naomy

Kamis, 09/Jun/2022 13:23 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menhub Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Wakatobi Presiden Joko Widodo didampingi Menhub Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Wakatobi

WAKATOBI (BeritaTrans.com) - Presiden RI Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal penyeberangan untuk memperlancar konektivitas antarpulau di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
 
Ketiga pelabuhan penyeberangan yaitu Pelabuhan Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sementara satu unit kapal penyeberangan yaitu Kapal KMP Sultan Murhum II. 

Baca Juga:
Sah, 2 Pelabuhan di Kawasan Teluk Palu Diresmikan Presiden

Kapal roro ini akan dioperasikan untuk melayani angkutan penyeberangan perintis rute Kamaru - Kaledupa, Kaledupa- Tomia dan Tomia - Binongko dengan trip empat kali seminggu.
 
“Kita harapkan dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal ini, aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin mudah. Utamanya untuk angkutan barang yang berkaitan dengan sembako dan konektivitas antarpulau di Wakatobi diharapkan semakin baik,” ujar Presiden Jokowi di Wakatobi, Kamis (9/6/2022).
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam peresmian itu mengatakan, pembangunan pelabuhan penyeberangan dan kapal di Wakatobi ini merupakan salah satu wujud negara hadir melalui pembangunan transportasi yang berparadigma Indonesia sentris (pembangunan tidak hanya terpusat di pulau Jawa). 

“Kita bangun infrastruktur transportasi di pulau kecil dan terluar agar konektivitas bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.
 
Menhub berharap, keberadaan pelabuhan dan kapal ini akan mendukung Wakatobi sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan dapat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di Wakatobi dan sekitarnya. 

Baca Juga:
Menhub Pesan Agar ASDP Prioritaskan Layanan dengan Kapal Berkapasitas Besar

Kehadiran pelabuhan dan kapal ini sangat dinantikan masyarakat Wakatobi dan sekitarnya. 

"Kami pastikan apa yang dibangun ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat di Wakatobi. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan para turis domestik dan mancanegara untuk menikmati keindahan alam yang ada di Wakatobi,” katanya.
 
Dengan diresmikannya satu kapal, saat ini di Pulau Wakatobi menjadi dilayani dua kapal yaitu KMP Bahtera Mas II dan KMP Sultan Murhum II. 

Baca Juga:
Menhub dan Menko PMK Tinjau Pelabuhan Merak Pastikan Kesiapan Kelancaran Arus Mudik Lebaran

Kedua kapal ini akan melayani lintas penyeberangan di Kabupaten Wakatobi dengan rute Kamaru - Wanci – Kaledupa – Tomia – Binongko PP. 

Kemenhub memberikan subsidi sebesar Rp17,9 miliar untuk pelayanan kapal penyeberangan di Wakatobi yang dioperatori oleh PT ASDP Indonesia Ferry. Melalui subisidi tersebut, diharapkan dapat memberikan tarif yang terjangkau bagi masyarakat.
 
Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Staf Utama Bidang Perhubungan Darat dan Konektivitas Budi Setiyadi, Dirut ASDP Ira Puspadewi, Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP) Junaidi, Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra Benny Nurdin Yusuf dan Kepala Dinas Perhubungan Wakatobi Haryadin. (omy)