Volume Naik 2%, Penumpang Harian KRL Jabodetabek Tembus 655 Ribu Lebih Orang

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 15/Jun/2022 12:36 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jumlah penumpang KRL meningkat tinggi pada awal pekan yaitu Senin dan Selasa kemarin. Jumlah penumpang tembus 655.638 orang dan 642.798 orang atau naik sebanyak 2 %. 

"Hari Senin kemarin merupakan jumlah volume pengguna harian tertinggi sampai dengan Juni ini. Jika dibanding volume pengguna pada Senin minggu sebelumnya (6/6), angka tersebut naik sebesar 2% atau sebanyak 640.285 orang yang merupakan angka tertinggi volume pengguna harian sebelumnya," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Rabu (51/6/2022). 

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

Pada Senin kemarin tercatat total jumlah volume pengguna KRL di beberapa stasiun ramai seperti Stasiun Tanah Abang total volume pengguna sebanyak 37.490 orang, Stasiun Bogor sebanyak 30.879 orang, Stasiun Bojonggede sebanyak 24.257 orang, Stasiun Citayam sebanyak 24.554 orang dan Stasiun Bekasi sebanyak 21.951 orang. 

Sementara itu, total pengguna KRL Jabodetabek sepanjang Bulan Juni hingga Selasa (14/6) ini sebanyak 8 juta lebih orang atau rata-rata perhari sebesar 576.131 orang, dengan volume tertinggi pada tanggal 13 Juni kemarin. 

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Sedangkan volume pengguna pada akhir minggu atau hari libur, berdasarkan data yang tercatat sebanyak 2,3 juta lebih orang atau rata-rata 475.553 orang per harinya, dengan volume tertinggi pada hari Sabtu tanggal 11 Juni kemarin yaitu sejumlah 508.893 orang. 

Khusus rata-rata volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai selama Bulan Juni ini sebanyak 135-145 ribu orang. Dengan volume pengguna transit tertinggi pada Senin, 13 Juni lalu sebanyak 146.456 orang. Sedangkan rata-rata volume perhari pengguna KRL sepanjang Bulan Juni 2022 yang naik di Stasiun Manggarai sebanyak 12.341 pengguna, dan rata-rata volume perhari pengguna yang turun di Stasiun Manggarai sebanyak 12.995 pengguna. 

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai

Sejalan dengan kenaikan tren pengguna KRL, pasca pemberlakukan pola operasi dengan perjalanan KRL yang baru dan pelaksanaan SO-5 Manggarai KAI Commuter terus berkomitmen untuk melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan fasilitas pelayanan yang ada di area stasiun. KAI Commuter terus mengimbau untuk selalu mendahulukan pengguna prioritas dalam menggunakan fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada. 

KAI Commuter juga terus mengingatkan pengguna KRL untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan baik di dalam perjalanan KRL maupun saat berada di area stasiun. Pemeriksaan syarat untuk naik KRL juga tetap diberlakukan. Selain itu, KAI Commuter juga mengajak pengguna mengatur waktu perjalanannya dengan mengakses aplikasi KRL Access agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam KRL. 

Sebanyak 1.054 perjalanan KRL dioperasikan KAI Commuter setiap hari, dimana sekitar 70% atau sebanyak 734 perjalanan KRL melayani pengguna saat jam sibuk pagi dan sore hari. Petugas akan melakukan penyekatan di stasiun dan pembatasan saat naik KRL apabila kondisi sudah memenuhi kuota yaitu sebanyak 80% Sesuai dengan peraturan pemerintah yaitu Surat Edaran (SE) No.57 Kementerian Perhubungan.(fhm)