DJKA Pastikan Stasiun Matraman Siap Operasional

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 16/Jun/2022 21:24 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) terus melanjutkan kegiatan pengecekan dan inspeksi kesiapan operasional Stasiun Matraman sebelum digunakan untuk naik dan turun penumpang. 

Salah satu fasilitas pelayanan yang mendapat perhatian khusus dalam kegiatan pengecekan ini adalah fasilitas escalator dan lift yang menghubungkan area concourse dengan peron. 

Baca Juga:
DJKA Tawarkan Investasi Bisnis Kereta Api ke Negara Tetangga dan Swasta untuk Bangun Rel 2024

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus menjelaskan bahwa kegiatan uji coba Stasiun Matraman dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan kesiapannya sebelum dioperasikan. 

“Kami tidak ingin gegabah dalam mengoperasikan Stasiun Matraman dan ingin memastikan bahwa fasilitas penunjang di stasiun ini betul-betul siap untuk melayani penumpang,” kata Rode kepada media, Kamis (16/6/2022). 

Baca Juga:
Pembangunan Perkeretaapian Butuh Dukungan Mitra Nasional dan Internasional

Sebelumnya disampaikan bahwa Stasiun Matraman akan mulai diuji coba dengan skema naik-turun penumpang mulai Kamis (16/06). Namun demikian, meski secara fisik bangunan dan fasilitas stasiun ini sudah siap dan layak operasi. Rode mengaku bahwa pihaknya tidak ingin terburu-buru dan ingin memastikan kembali kelayakan stasiun dari segi keselamatan dan kenyamanan penumpang. 

“Semoga dengan pengecekan yang masih terus dilakukan ini, tidak terjadi lagi kendala penumpang sebagaimana yang sempat terjadi di beberapa stasiun lain,” ungkap Rode 

Baca Juga:
DJKA Pastikan Area Parkir Stasiun Bekasi Timur Bebas Pungli

Lebih lanjut Rode menyebutkan bahwa pengecekan fasilitas penunjang juga terus dilakukan di beberapa stasiun seperti Stasiun Jatinegara. Per Kamis (16/06), tim teknis DJKA telah melakukan pengecekan secara keseluruhan (general check up) untuk seluruh fasilitas escalator dan lift yang terdapat di Stasiun Jatinegara. Pengecekan ini dilakukan untuk menilai kondisi escalator dan lift di Stasiun Jatinegara sebelum dioperasikan. 

“Kami selalu mengupayakan agar pengecekan di Stasiun Matraman maupun pembenahan fasilitas penunjang di stasiun-stasiun lainnya dapat selesai secepatnya sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh penumpang,” ujar Rode. 

Rode juga memastikan pihaknya terbuka terhadap masukan dari pengguna jasa layanan kereta api di wilayah Jabodetabek agar dapat menjadi bahan evaluasi dalam pembangunan yang dilakukan. 

“Terima kasih atas segala masukan yang sudah disampaikan, semoga apa yang kami lakukan di lapangan dapat menjawab masukan-masukan tersebut satu per satu,” tutup Rode. (fhm)