Dua Hari Uji Coba Stasiun Matraman, Penumpang Mencapai 1.100 Lebih

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 19/Jun/2022 17:14 WIB
Stasiun Shelter Matraman saat dilakukan Soft Launching, Ahad (19/6/2022) Stasiun Shelter Matraman saat dilakukan Soft Launching, Ahad (19/6/2022)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter mengeluarkan data penumpang harian di Stasiun Shelter Matraman, yang baru uji coba sejak Jumat (17/6/2022) hingga saat dilakukan Soft Launching pada Ahad (19/6/2022) ini. 

Dua hari setelah dilakukan uji coba operasional pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Shelter Matraman, tercatat total volume pengguna KRL yang naik di Stasiun Shelter Matraman sejumlah 1.134 orang. Sedangkan total volume pengguna yang turun di Stasiun Shelter Matraman sejumlah 1.380 orang. 

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan Lebih 42.810 Penumpang KA Hari Ini

"Untuk volume pengguna hari ini hingga pukul 16.00 WIB tercatat jumlah pengguna yang naik sebanyak 337 orang dan yang turun sebanyak 487 orang," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Ahad (19/6/2022). 

Diharapkan dengan adanya soft launching pengoperasian Stasiun Shelter Matraman ini, layanan bagi masyarakat pengguna kereta api khususnya pengguna KRL akan semakin nyaman dan dimudahkan dalam menggunakan transportasi kereta api. Sebagai informasi, jumlah perjalanan KRL yang melewati Stasiun Shelter Matraman sebanyak 169 perjalanan. 

Baca Juga:
KAI Jamin Keamanan Data Layanan Face Recognition Boarding Tiket KA di Stasiun

"KAI Commuter juga menghimbau demi kenyamanan bersama agar para pengguna untuk selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area stasiun," kata Anne. 

Dikatakan Anne, KAI Commuter saat ini mengoperasikan sebanyak 1.054 perjalanan KRL tiap harinya. Persebaran pengguna KRL pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 06.00 – 09.00 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 19.00 WIB. 

Baca Juga:
Bayar Tol Tanpa Sentuh MLFF Bakal Diuji Coba di Tol Bali

"Bagi pengguna KRL yang akan kembali ke lokasi aktivitasnya di hari-hari kerja esok hari, diimbau dapat menggunakan KRL pada akhir pekan ini dengan memanfaatkan kondisi KRL yang lengang," sebut Anne. 

Setelah merampungkan pembangunan Stasiun Shelter Matraman oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB) yang mulai dibangun sejak tahun 2016 lalu, Ahad (19/6), dilaksanakan soft launching pengoperasian Stasiun Shelter Matraman oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki. 

Pembangunan Infrastruktur Perkeretaapian ini merupakan pembangunan proyek strategis pemerintah yaitu proyek Double-Double Track (DDT) pada lintas Manggarai – Cikarang. 

Pada Jumat (17/6) kemarin, KAI Commuter bersama DJKA dan PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan uji coba operasional pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Shelter Matraman ini. Diharapkan Stasiun Shelter Matraman ini dapat menjadi alternatif pagi pengguna selain Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatonegara, diharapkan juga dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyakarat, terintegrasi dengan antar moda ; Trans  Jakarta, Angkutan perkotaan, ojek daring dll. (fhm)