Perbedaan Kereta Eksekutif A dan AA, Ini Sub Kelas dalam Kereta Api dan Harga Tiketnya

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 26/Jun/2022 05:58 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Simak perbedaan kereta eksekutif A dan AA, macam-macam sub kelas dalam kereta api (KA) hingga alasan mengapa harga berbeda. 

Calon penumpang kereta api eksekutif kerap dibingungkan dengan sub kelas (sub-class) pada KA seperti A dan AA. Apakah ada perbedaan harga dan fasilitas di antara keduanya? 

Baca Juga:
306.500 Orang Naik KA dari KAI Daop 5 Purwokerto hingga hari ke-19 Angkutan Lebaran

Memang terdapat perbedaan antara sub kelas A dan AA pada kereta api eksekutif. Selain kedua sub-class tersebut, adapula kategori lainnya, yaitu A, H, I, J, X, AA, AB, dan AC. 

Para penumpang yang memesan tiket dari jauh-jauh hari bisa memilih lokasi tempat duduk yang diinginkan, apakah di gerbong paling depan, tengah, atau belakang. 

Baca Juga:
Rekrutmen PT KAI Program Management Trainee Tahun 2024, Ini Jurusan dan Jadwalnya!

Namun sub kelas dalam kereta api eksekutif sendiri biasanya tak ada perbedaan perihal fasilitas yang didapatkan oleh penumpang. 

Para penumpang akan menikmati kursi yang sama-sama nyaman dengan panjang dan lebar yang sama. 

Baca Juga:
KAI Telah Jual Lebih 3.5 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran hingga Arus Balik, Ini Rinciannya!

Biasanya Kereta Api Indonesia tidak menyediakan fasilitas makanan yang termasuk dalam harga tiket. Jadi, penumpang membeli makanan dan minuman dengan uang sendiri di gerbong restorasi. 

Lebih lanjut, perbedaan lainnya terletak dari harga di antara sub-class. Misalnya sub kelas A biasanya dibanderol dengan harga yang paling tinggi. Sementara kategori X adalah tiket dengan tarif promo. 

Seperti yang telah disinggung perbedaan A dan AA adalah lokasi atau zona tempat duduk terletak di bagian tertentu dalam gerbong. 

Pada sub-class yang lebih mahal, biasanya lokasi kursi akan lebih strategis dibandingkan yang lebih murah. 

Misalnya, sub kelas mahal memungkinkan penumpang untuk duduk di lokasi strategis, seperti dekat gerbong restorasi yang menjual makanan atau terletak di tengah yang minim goncangan. 

Meski begitu, sub-class tidak ditentukan pada gerbong tertentu. Bisa saja suatu gerbong terdapat 2 sub kelas, sementara gerbong di belakangnya ada 4 su  kelas. 

Dengan kata lain, sub-class A dan AA pada kereta api eksekutif memiliki fasilitas yang sama, namun perbedaanya hanyalah harga dan lokasi tempat duduk apakah startegis atau kurang strategis. 

Demikian perbedaan kereta eksekutif A dan AA beserta sub kelas yang ada di dalam kereta api.(fh/sumber:beritaDiy)