Pembangunan Seluruh Stasiun Bekasi Sedikit Lagi Rampung, Begini Keadaanya!

  • Oleh : Fahmi

Senin, 27/Jun/2022 14:42 WIB
Pengerjaan proyek sebelah selatan Stasiun Bekasi hampir rampung. Sejumlah pekerja masih melakukan pengerjaan di setiap area proyek, Senin (27/6/2022). Pengerjaan proyek sebelah selatan Stasiun Bekasi hampir rampung. Sejumlah pekerja masih melakukan pengerjaan di setiap area proyek, Senin (27/6/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Pembangunan Stasiun Bekasi terus dilakukan pengerjaannya. Sejumlah pekerja pada Senin, (27/6/2022) tampak beraktivitas di area pengerjaan jalur, pagar hingga gedung baru dan area peron baru. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id di gedung sebelah utara atau sebelah Jalan Perjuangan telah tersambung dengan gedung yang beroperasional saat ini. Gedung baru tersebut tampak telah berdiri, pengerjaan tinggal dilakukan pada area dalam saja. 

Baca Juga:
Uni Emirat Arab Tertarik Bangun Proyek Kereta Api di Bali

Sejumlah pekerja pada pagi ini, sedang melakukan pengerjaan pagar jalur KA sebelah Jalan Perjuangan. Juga ada sejumlah pekerja lain melakukan pengerjaan di bagian lain. 

Baca Juga:
Double Track Kereta Api Bandung-Cicalengka Bakal Rampung Tahun Ini

Pada area peron juga tampak hampir sedikit lagi selesai. Masih ada peron yang belum dipasangi atap dan beberapa peron masih proses pengerjaan. 

Terlihat sejumlah alat berat dan meterial pembangunan masih memenuhi area jalur dan gebung baru stasiun. 

Baca Juga:
Rencana Kereta Cepat Sampai Surabaya Lanjut Gandeng China, Ini Kata Erick Thohir!

Bangunan lama di selatan stasiun hanya tersisa untuk loket, Boarding tiket KA Jarak Jauh dan area ATM juga ruang-ruang lain. 

Operasional kereta di Stasiun Bekasi saat ini dilayani di jalur 4, 5, 6, dan 7. Sedangkan jalur 1, 2, dan 3 sedang dilakukan pengerjaan. 

Para penumpang kereta yang melintas juga tampak juga memperhatikan bagunan baru dan proses pengerjaan proyek di situ. 

Pembangunan tersebut nantinya akan menambah jalur KA yang akan membuat perjalanan KRL atau KA lainnya semakin banyak dan sibuk. 

Pembangunan rel dwiganda dan revitalisasi stasiun ini dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta jarak jauh. 

Sebagai bagian dari proyek pekerjaan Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Banten (BTPWJB) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mulai Ahad (21/11/2021) lalu mengaktifkan bangunan baru Stasiun Bekasi. 

Diberitakan BeritaTrans.com sebelumnya, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.054 perjalanan KRL tiap harinya. Perjalanan KRL Jabodetabek per hari yang dimulai pukul 04.00-23.00 WIB. Seluruh aturan dan protokol kesehatan juga tetap wajib diikuti seluruh penumpang. 

Stasiun ini melayani KRL tujuan Kampung Bandan, Duri, Angke dan Cikarang serta naik turun kereta api jarak jauh. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan revitalisasi Stasiun Bekasi yang termasuk bagian dari proyek pembangunan rel dwiganda (double double track/DDT) Manggarai-Cikarang paket B selesai pada akhir tahun 2021. 

Ditjen Perkeretaapian serta PT KAI secara konsisten melakukan pembangunan Jabodetabek untuk prasarana rel dwiganda dan empat stasiun dengan dana lebih dari Rp 6 triliun. 

Pengembangan TOD di Stasiun Bekasi dengan Summarecon

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Summarecon Agung Tbk, tentang rencana kerja sama pembangunan akses di Stasiun Bekasi dalam rangka pengembangan kawasan berorientasi transit Summarecon Bekasi. 

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI Jeffrie N. Korompis serta Direktur Summarecon Jason Lim, disaksikan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Summarecon Herman Nagaria di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Penandatanganan MoU ini dimaksudkan sebagai landasan untuk melaksanakan rencana kerja sama lebih lanjut dalam membangun akses di Stasiun Bekasi dalam rangka mengembangkan kawasan Transit Oriented Development (TOD) Summarecon Bekasi.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI menyambut baik dan mengapresiasi adanya penandatanganan MoU ini. Hal ini selaras dengan visi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. 

“Pengembangan kawasan TOD di Stasiun Bekasi ini akan memberikan nilai tambah yang baik bagi masyarakat dan perkembangan bisnis kedua perusahaan. Sinergi ini juga akan mengembangkan visi dan misi KAI untuk membangun transportasi yang berkelanjutan serta aman, nyaman, dan sehat tentunya," ujar Didiek. 

Sebagai langkah awal, Summarecon akan membangun terminal multimoda yang akan terhubung langsung dengan Stasiun Bekasi dengan menggunakan skybridge sepanjang 510 meter. Terminal multimoda ini akan menjadi hub kawasan di sekitarnya yaitu area perumahan, perkantoran, dan mixed use super block. 

KAI terus membangun integrasi dan konektivitas transportasi massal khususnya di Jabodetabek untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Peningkatan konektivitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan penggunaan transportasi massal semakin lebih pesat. 

Kolaborasi ini pula merupakan salah satu upaya KAI dalam hal mengoptimalkan aset perusahaan guna memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat para pengguna transportasi massal.  

“Kami akan membuat tim bersama untuk melakukan kajian, mengurus perizinan, hingga menyusun timeline agar eksekusinya dapat termonitor. Sehingga rencana kerja sama yang kita tuangkan dalam MoU pada pagi hari ini bisa tereksekusi dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Didiek. 

Adrianto P. Adhi selaku President Director Summarecon menjelaskan penandatangan MoU ini merupakan sebuah awal pelaksanaan dari apa yang telah diamanatkan oleh Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2018, tentang Rencana induk transportasi Jabodetabek tahun 2018-2029, pada tabel 5 mengenai pelaksanaan strategi dan program pengembangan transportasi perkotaan terintegrasi, salah satunya TOD Summarecon di Kota Bekasi. 

"Pembangunan TOD ini juga mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur khususnya transportasi publik. Keberadaan TOD Summarecon ini akan menjadi fasilitas yang memberikan kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat Bekasi dalam memanfaatkan transportasi public seperti KRL dan LRT,” kata Adrianto. 

Stasiun Bekasi merupakan salah satu stasiun yang menjadi akses utama masyarakat menuju ibu kota. Saat ini, terdapat ratusan perjalanan KRL di Stasiun Bekasi setiap harinya. Adapun rata-rata volume pengguna KRL di Stasiun Bekasi pada Februari 2022 sebanyak 9.318 pengguna per hari.(fahmi)