Dapat Penghargaan Kemenhub, Pelni Dinilai Optimal Layani Angkutan Lebaran 2022

  • Oleh : Naomy

Selasa, 28/Jun/2022 10:50 WIB
Dirut Pelni saat menerima Penghargaan Kemenhub Dirut Pelni saat menerima Penghargaan Kemenhub

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) dinilai optimal dalam melayani angkutan Lebaran 2022.

Untuknya, perusahaan pelayaran milik negara itu menerima piagam penghargaan Menteri Perhubungan, Senin (27/6/2022).

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Pelni telah mengoperasikan 26 armada kapal penumpang dan 44 kapal perintis untuk melayani arus mudik pada periode 17 April hingga 2 Mei 2022 dan periode arus balik pada 3 Mei hingga 18 Mei 2022 dengan aman dan selamat.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perhubungan I Gede Pasek Suardika dan diterima oleh Direktur Utama PT Pelni Tri Andayani.

Baca Juga:
Sorry yee! Motor Listrik Dilarang Ikut Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Simak Alasannya

Penyerahan juga disaksikan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Usai menerima penghargaan, Tri Andayani atau akrab disapa Anda menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pelni, terutama setelah dua tahun tidak menyelenggarakan angkutan mudik karena terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Persiapan Angleb, Pelni Tingkatkan Fasilitas Kapal dan Dorong Pemudik Pesan Tiket di Aplikasi

"Piagam penghargaan ini menjadi pemacu perusahaan untuk selalu menghadirkan sarana transportasi angkutan laut yang aman dan andal," tuturnya.

Melalui kesempatan ini manajemen juga menghaturkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan atas kolaborasi yang telah dilakukan selama penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2022, sehingga dapat terselenggara dengan aman, lancar dan sehat.

Sebagai informasi, selama periode angkutan lebaran tahun 2022, Pelni telah mengangkut sebanyak 480.084 pelanggan. 

Jumlah tersebut terdiri atas 176.356 pelanggan yang telah berpergian dengan kapal penumpang dan 43.080 pelanggan dengan kapal perintis. 

"Sementara untuk arus balik, kapal penumpang telah mengangkut sebanyak 214.116 pelanggan dan 46.532 pelanggan dengan kapal perintis," urai dia.

Tidak hanya itu, Pelni juga telah menjalankan penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

Selainnya, menyiagakan KM Ciremai untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dari Sumatera menuju Pulau Jawa untuk melayari rute Pelabuhan Panjang, Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Cilegon.

Pada program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, Pelni mengerahkan KM Dobonsolo dan KM Ciremai untuk melayani pelayaran dengan rute Jakarta - Semarang - Surabaya. 

Kedua kapal telah membawa sebanyak 2.098 penumpang pada arus mudik dan 1.726 penumpang pada arus balik. (omy)