Presiden Jokowi-Istri Iriana ke Ukraina Naik Kereta Api, Begini Pengawalannya!

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 29/Jun/2022 16:18 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dengan menggunakan kereta via Polandia dikawal sejumlah petugas. Pengawalan tak hanya dilakukan Paspampres, tapi juga otoritas setempat. 

Momen Jokowi hendak naik kereta menuju Ukraina itu terlihat dalam video yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022). Jokowi tampak didampingi oleh istrinya, Iriana Joko Widodo. 

Baca Juga:
KAI: Hingga Hari Ini Sebanyak 1.922.450 Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual

Dalam video berdurasi 1 menit 10 detik itu, awalnya terlihat iring-iringan mobil Jokowi saat menuju Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia. Setelah itu, Jokowi dan Iriana memasuki kawasan stasiun dan didampingi oleh sejumlah pihak. 

Seskab Pramono Anung dan Menlu Retno LP Marsudi berada di belakang Jokowi. Anggota Paspampres terlihat mengawal kunjungan Jokowi itu. 

Baca Juga:
Pria Kota Malang Ini Tewas Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Rel Kereta Api

Tak hanya itu, tampak pula petugas keamanan setempat yang turut mengawal keberangkatan Jokowi. Mereka terlihat di beberapa titik. 

Selanjutnya, Jokowi dan Iriana langsung naik ke kereta. Keduanya terlihat berada di sebuah ruangan yang berlatar kuning emas. 

Baca Juga:
Tertabrak Kereta Api Barang di Perlintasan Karangawen Demak, Pemotor Tewas

Jokowi dan Iriana beserta rombongan terbatas berangkat dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny sekitar pukul 21.15 waktu setempat. 

Jokowi dan Iriana menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan oleh pemerintah Ukraina. Kereta itu digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu. 

Jokowi dan rombongan diperkirakan tiba di Kiev, ibu kota Ukraina, keesokan harinya. 

Jokowi pun meminta doa agar misi perdamaian ini dimudahkan. Jokowi menyatakan misi perdamaian ini dimulai dengan niat baik. 

"Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, pukul sembilan malam, saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kyiv, Ukraina," tulis Jokowi dalam akun Instagram @jokowi seperti dilihat, Rabu (29/6). 

"Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan," sambung Jokowi.(fh/sumber:detik)