SMAN 5 Taruna Brawijaya Berkunjung di Akademi Angkatan Laut

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 30/Jun/2022 11:13 WIB
foto:istimewa/Kabagpen AAL foto:istimewa/Kabagpen AAL

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Direktorat Pendidikan (Dirdik) Akademi Angkatan Laut (AAL) Kolonel Laut(P) Friche Flack mewakili Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Denih Hendrata menerima kunjungan SMAN 5 Taruna Brawijaya di Gedung Salahutu Komplek Candrasa Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Rabu (29/6)

Baca Juga:
Raih Asa Antarkan Mahasiswa Raih Program Beasiswa

Dalam sambutan Gubernur AAL yang dibacakan oleh Dirdik AAL mengucapkan selamat datang di Akademi Angkatan Laut Bumimoro Surabaya kepada para siswa-siswi SMAN 5 Taruna Brawijaya. Semoga kunjungan ini akan semakin meningkatkan pengetahuan dan wawasan para siswa sekalian tentang Lembaga Pendidikan Akademi Angkatan Laut.

Akademi Angkatan Laut merupakan Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung dibawah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), AAL bertugas melaksanakan pendidikan Pertama Perwira Sukarela TNI AL tingkat Akademi yang menghasilkan Perwira TNI AL yang tanggap, tanggon dan trengginas.

Baca Juga:
Kemenhub Kerja Sama dengan ITS Surabaya, Dorong Hasil Penelitian yang Berdampak Langsung ke Publik

Adapun tujuan pendidikan di AAL untuk mendidik, dan melatih para Taruna agar menjadi Perwira TNI AL masa depan yang profesional, mampu menyesuaikan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa Sapta Marga serta memiliki ketrampilan sesuai dengan tuntutan penugasan awal sebagai Perwira Divisi di Kapal Perang (KRI) maupun Komandan Peleton di Pasukan Marinir.

Disamping itu dimensi kemampuan yang ditumbuhkan di AAL meliputi kemampuan Akademik, kesamaptaan Jasmani dan kepribadian sehingga penyelengaraan pendidikan di AAL dibagi tiga aspek meliputi Pengajaran, Latihan dan Pengasuhan, dan lulusan AAL mulai dari tahun 2011 telah diberikan gelar kesarjanaan Diploma IV bergelar S.Tr. (HAN) atau Sarjana Terapan Pertahanan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Baca Juga:
Wamenparekraf Ajak Mahasiswa dan Komunitas Perfilman Surabaya Praktik Saat Syuting Reality Show

Pada akhir amanatnya Gubernur AAL berharap kepada siswa siswi SMAN 5 Taruna Brawijaya,  setelah lulus nantinya dapat bergabung di AAL untuk bisa mengenal wilayah Indonesia dengan KRI Dewaruci dan bahkan bisa melihat Dunia dengan KRI Bima Suci serta menjadi Prajurit yang senantiasa tangguh di atas gelombang Samudera dan selalu menang bertempur di setiap medan laga guna mengabdikan diri kepada Negara dan bangsa sebagai pengawal samudera Indonesia serta menjadi penjaga kedaulatan laut Negara kesatuan Republik Indonesia.(ahmad)