Suasana Haru Penjemputan Siswa SMA 1 Wonosari yang Rombongan Busnya Alami Kecalakaan Maut di Tol

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 08/Jul/2022 16:43 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

WONOSARI (BeritaTrans.com) - Suasana haru menyelimuti penjemputan rombongan siswa SMA 1 Wonosari, Gunungkidul yang mengalami kecelakaan maut di Tol Sidoharjo. Tangis pecah dari sebagian orangtua ketika bertemu dengan anak-anaknya terutama yang berada dalam bus yang mengalami kecelakaan. 

Endah, salah seorang orangtua siswa yang anaknya berada di baris kedua bus nahas tersebut menuturkan ia mendapat telepon anaknya sekira pukul 01.45 WIB. Anaknya menangis menceritakan bus baru saja mengalami kecelakaan fatal di jalan ketika pulang. 

"Anak saya masih trauma. Dia menyaksikan saat kernet sebelum meninggal. Dia duduk di kursi baris kedua sebelah kiri dekat kaca," terang dia, Kamis (7/7/2022). 

Saat itu, anaknya menghubungi dirinya dengan meminjam handphone milik temannya. Karena usai kejadian handphone anaknya sempat hilang sebelum akhirnya berhasil ditemukan kembali. 

Usai mendapat kabar tersebut, perasaan berkecamuk di dalam pikiran Endah. Apalagi ia mendengar anaknya mengalami sedikit luka di tangan kirinya akibat terkena pecahan kaca. Tetapi ia mengaku sangat beruntung anaknya tidak mengalami sesuatu yang serius. 

"Saya berusaha menenangkan dia. Kalau menghubungi guru itu tidak mungkin karena situasi baru kacau," terang dia. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan jika rombongan kelas 11 SMA Negeri 1 Wonosari ini baru saja pulang dari study tour ke Bali. Tiga bus berjalan beriringan namun bus nomor 4 yang mengalami kecelakaan tersebut sudah berjalan terlebih dahulu. 

Beberapa kali rekannya dari bus lain memperingatkan agar berjalan beriringan. Namun bus nomor 4 tersebut tetap berjalan paling duluan. Hingga akhirnya terjadilah kecelakaan yang mengakibatkan kernet bus meninggal dunia. 

"Situasi sebenarnya kondusif. Wong kecelakaan itu terjadi sudah perjalanan pulang. Yang namanya di jalan bus itu kan tidak bisa selalu berjalan beriringan. Kadang ada di depan tetapi kadang ada di belakang. Kebetulan bus yang nomor empat ini posisinya pas di paling depan," terang salah seorang perwakilan sekolah yang enggan disebutkan namanya. 

Pihak sekolah sendiri belum bersedia memberikan keterangan dengan alasan masih syok dan masih menenangkan diri. 

Bus rombongan study tour SMA N 1 Wonosari Gunungkidul mengalami kecelakaan di tol Porong-Sidoarjo Km 760.200/B Kamis (7/7/2022) dini hari. Bus bernomor polisi AB 7049 BK menghantam truk pengangkut galon air mineral bernomor polisi M 8209 UH. 

Korban tewas adalah Slamet Widodo (34) warga Dusun Karang Nongko Tandan Klaten Utara Klaten Jawa Tengah. Sementara sopir bus Wardoyo (48) warga Pulung Klaten dan sopir truk Pranton warga Ngetos Nganjuk Jawa Timur, selamat 

"Bus menabrak bagian belakang truk,"ujar Kanit Gakkum Lantas Polresta Sidoarjo AKP Agung Sulistiyono.(fh/sumber:okezone)