5 Jalur Lintas Kereta Api Paling Indah, Cocok untuk Healing

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 17/Jul/2022 04:36 WIB
Glacier Express. unusualplaces.org Glacier Express. unusualplaces.org

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta api telah menjadi sejarah transportasi umat manusia bahkan sebelum moda lainnya. Hingga kini kereta api masih digunakan sebagai alat transportasi untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya.

Selain mengantarkan penumpang ke tempat tujuannya, kereta api juga dapat digunakan untuk wisatawan yang ingin menikmati perjalanan. Banyak kereta api yang beroperasi menawarkan wisata mewah nan menakjubkan bagi pelancong. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari mapquest.com

Baca Juga:
Menhub Temui MILT dan JICA, Bahas Perkembangan Sejumlah Infrastruktur Transportasi dengan Jepang

1. Rocky Mountaineer - Kanada

Perjalanan ini menghubungkan empat rute antara Alberta dan British Columbia di Kanada Barat. Perusahaan yangmengoperasikan layanan kereta api pada 1990 itu, sejak awal kehadirannya telah menggaet satu juta penumpang.

Baca Juga:
Hari Kedua Kunker Menhub di Jepang, Siap Fasilitasi Investasi TOD MRT Jakarta

Rocky Mountaineer menjadi salah satu perjalanan favorit bagi penggemar perjalanan kereta api karena menyajikan pemandangan indah disepanjang jalurnya. Bahkan jalur ini dinobatkan Society of American Travel Writers sebagai "Pengalaman Perjalanan Terkemuka di Dunia dengan Kereta Api".

2. Eastern & Oriental Express -Thailand ke Singapura

Baca Juga:
Top, Selama Triwulan I, Volume Penumpang Kereta Api Naik 11%

Oriental Express adalah layanan kereta api yang melakukan perjalanan melalui negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos.

Tur dimulai di Singapura dan berhenti di Kuala Lumpur, Butterworth dan Kanchanaburi sebelum tiba di Bangkok. Rute Singapura-Bangkok membutuhkan waktu tiga hari untuk diselesaikan. Bahkan Society of International Railway Travelers telah menganugerahi kereta api ini sebagai 25 Kereta Terbaik.

3. Glacier Express -Swiss

Glacier Express bukanlah perjalanan yang cepat, bahkan dikenal sebagai kereta ekspres paling lambat di dunia. Namun hal itu bukan masalah saat dapat menikmati pemandangan Pegunungan Alpen antara St. Moritz dan Zermatt di Swiss.

Perjalanan selama 7,5 jam membawa penumpang melintasi 291 jembatan, melalui 91 terowongan dan melewati Oberalp Pass. Sebagian besar jalur kereta api menggunakan sistem rack-and-pinion untuk mendaki melalui tanjakan Alpine yang curam. Sejak 1980-an, kereta api ini beroperasi sepanjang tahun, yang berarti perjalanan spektakuler ini dapat dinikmati oleh para pelancong tanpa memandang musim.

4. Royal Scotsman - Inggris

Royal Scotsman merupakan kereta api mewah yang menawarkan tur sewaan ke dataran tinggi Skotlandia di Inggris dengan berbagai pilihan tur. Perjalanan ini membuat banyak waktu untuk berhenti di berbagai tempat, seperti reruntuhan kastil, penyulingan wiski, dan keajaiban alam yang ikonik.

Perjalanan menyajikan pemandangan indah dari lembah, danau, dan desa yang spektakuler. Menggabungkan kemewahan dengan tur menakjubkan pemasangan alam Skotlandia yang memukau, tak mengherankan jika Royal Scotsman masuk dalam daftar keinginan banyak wisatawan.

5. Blue Train - Afrika Selatan

Blue Train di Afrika Selatan terkenal karena layanan mewahnya. Kereta dapat membawa penumpang hampir 1.000 mil antara Pretoria dan Cape Town. Awalnya, layanan ini dimaksudkan untuk menghubungkan penumpang dari Johannesburg ke kapal tujuan Inggris di Cape Town.

Perjalanan dengan kereta imi memungkinkan para wisatawan untuk menjelajahi Open Mine Museum di Stasiun Kimberley atau menikmati segelas sherry di Matjiesfontein.

Kereta api akan membawa penumpang melewati daerah pedalaman dan pesisir, menyajikan pemandangan spektakuler dari lanskap Afrika Selatan. Penumpang akan melakukan perjalanan melintasi semak belukar, melalui kaki gunung dan menyeberangi sungai di puncak kemewahan.(fh/sumber:tempo)