Delegasi W20 Summit Nikmati Pulau Samosir dengan Naik KMP Kaldera Toba

  • Oleh : Naomy

Rabu, 20/Jul/2022 19:25 WIB
KMP Ajibata Toba KMP Ajibata Toba

AJIBATA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) turut mendukung gelaran Women 20 (W20) Summit yang dilaksanakan di Danau Toba pada 18-21 Juli 2022 yang diikuti lebih dari 50 delegasi dari 16 negara. 

Delegasi W20 Summit pun berkesempatan menikmati Pulau Samosir dengan naik KMP Ajibata Toba, yang menurut Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin secara khusus mengantarkan rombongan delegasi dari 16 negara.

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

"Secara khusus KMP Kaldera Toba pada siang hingga sore hari ini melayani trip penyeberangan Ajibata - Ambarita pergi pulang yang membawa para delegasi W20 Summit untuk menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir. Sekitar total 100 orang delegasi dan tamu undangan menikmati pelayaran dan pemandangan Danau Toba yang menjadi destinasi wisata super prioritas," urai Shelvy, Rabu (20/7/2022).

Selain delegasi W20 Summit dari 16 negara, pelayaran KMP Kaldera Toba menuju Pulau Samosir turut diikuti oleh tamu undangan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dan Anggota DPR Komisi VI Marthin Manurung.

Baca Juga:
Selama Angleb, ASDP Layani Hingga 4,14 Juta Penumpang di 8 Lintasan

KMP Kaldera Toba merupakan salah satu kapal yang melayani kawasan Danau Toba dengan rute Muara - Onan Runggu yang telah beroperasi sejak Agustus 2021. 

Kapal ini merupakan armada penyeberangan ketiga yang dibangun Kementerian Perhubungan untuk melayani kawasan Danau Toba setelah KMP Ihan Batak yang melayani rute Ajibata - Ambarita dan KMP Pora-Pora yang melayani lintasan Balige - Onan Runggu.

Baca Juga:
ASDP: Hampir 100 Persen Pemudik dari Sumatera via Penyeberangan Telah Kembali ke Jawa

"Dengan hadirnya layanan ASDP memperkuat konektivitas penyeberangan di Kawasan Danau Toba diharapkan dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Kehadiran KMP Kaldera Toba tidak hanya memperlancar konektivitas antarpulau, tetapi juga meningkatkan pelayanan transportasi penyeberangan serta peningkatan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Danau Toba. Apalagi Danau Toba diarahkan menjadi destinasi pariwisata yang bertaraf internasional," kata Shelvy. 

Dia menambahkan, selain fokus untuk memberikan pelayanan penyeberangan dan jasa pelabuhan terbaik bagi masyarakat dan wisatawan, ASDP juga berperan dalam menggerakkan perekonomian rakyat di wilayah Danau Toba dan sekitarnya melalui kerja sama dengan UMKM dan pengusaha lokal. 

"Kami support dengan menghadirkan UMKM binaan di area komersial pelabuhan Ajibata," tuturnya.

Dalam pembukaan seremonial W20 Summit yang berlangsung di Kaldera kemarin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga menyoroti rencana pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba sebagai bagian dari Kawasan Pariwisata Skala Nasional (KSPN).

“Pertama, pembangunan superprioritas terus kita tingkatkan dengan beberapa terobosan; menambah jadwal penerbangan langsung via Bandara Silangit,  Kedua, pembangunan beberapa akomodasi, seperti hotel, kita terus tingkatkan. Kita ingin tahun depan dapat menunjang eventberskala internasional. Selain itu, untuk menciptakan lapangan kerja dan khususnya kebangkitan ekonomi di Danau Toba dan Sumatera Utara," ujarnya. (omy)