Kapal Rusia Ditahan India di Pelabuhan Usai Bongkar Kargo Militer

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 21/Jul/2022 06:05 WIB
Kapal kargo Rusia, MV MAIA-I, ditahan di Pelabuhan Kochi, India. (Foto: tangkapan layar/VesselFinder) Kapal kargo Rusia, MV MAIA-I, ditahan di Pelabuhan Kochi, India. (Foto: tangkapan layar/VesselFinder)

NEW DELHI (BeritaTrans.com) - India menahan sebuah kapal kargo milik Rusia di Pelabuhan Kochi. Padahal kapal itu baru saja menurunkan kargo militer yang dikirim untuk Angkatan Bersenjata India.

Kabar ini diungkapkan Kedutaan Besar Rusia di India pada Selasa (19/7/2022) ini. “Kedubes Rusia di India mengetahui penahanan kapal kargo Rusia di Pelabuhan Cochin (Kochi) India, di mana (kapal itu memuat) kargo militer yang dikirimkan untuk Angkatan Bersenjata India,” kata kantor diplomatik itu, seperti dikutip kantor berita ANI.

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

Kedubes Rusia telah mengirimkan permintaan resmi kepada Kementerian Luar Negeri India untuk menjelaskan insiden penahanan kapal tersebut.

“Kami juga telah meminta pihak kementerian (Kemlu India) untuk memastikan kepatuhan tanpa syarat terhadap hak-hak pemilik dan awak kapal Rusia,” kata kantor itu lagi.

Baca Juga:
Selama Angleb, ASDP Layani Hingga 4,14 Juta Penumpang di 8 Lintasan

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Kerala di India pada Senin (18/7/2022) memerintahkan agar kapal Rusia, MV MAIA-I, disita karena tidak membayar biaya bahan bakar sekitar 18,7 juta rupee (sekira Rp3,5 miliar) kepada sebuah perusahaan Estonia. Karena kapal tersebut membawa senjata untuk Angkatan Laut India di Kochi, pengadilan masih mengizinkan aktivitas pembongkaran muatan selama dalam tahanan.

Gugatan terhadap MV MAIA-I diajukan oleh TX Harry dari Karuvelippady di Kochi, selaku pemegang kuasa dari Bunker Partner OU yang berbasis di Estonia. Mereka mengajukan klaim pembayaran untuk nilai bunkering yang dipasok ke kapal tersebut.

Baca Juga:
Inisiatif Green Port, Terminal Teluk Lamong Raih Dua Pengakuan Internasional di Ajang Global Ports Forum

Untuk diketahui, bunkering secara sederhana diartikan sebagai kegiatan pengisian bahan bakar kapal. Kegiatan itu juga termasuk logistik pemuatan dan pendistribusian bahan bakar di antara tangki kapal yang tersedia.

Pengadilan Kerala mencatat bahwa kapal MV MAIA-I berlabuh di Pelabuhan Cochin Port Trust. Lembaga kehakiman itu kemudian memerintahkan pihak berwenang untuk melaksanakan surat perintah penangkapan dan memberlakukan penangkapan, penyitaan, dan penahanan kapal.(fhm/sumber:inews)