Benarkan Pilot Citilink Wafat Di Sela Bertugas, Dirut: Kami Berbelasungkawa

  • Oleh : Naomy

Kamis, 21/Jul/2022 14:05 WIB
Salah satu penerbangan Citilink (dok) Salah satu penerbangan Citilink (dok)


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Benarkan pilot Citilink wafat di sela bertugas, Kamis (21/7/2022), Direktur Utama Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai sampaikan belasungkawa.

"Kami Manajemen Citilink mengucapkan turut bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian pilot kami, yang selama ini dikenal sangat baik dan memiliki dedikasi yang tinggi selama bertugas," urainya. 

Baca Juga:
Garuda Indonesia Group Terbangkan 80.243 Penumpang di Puncak Arus Balik

Pihaknya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Selanjutnya pihak Citilink mengklarifikasi terkait penerbangan Citilink Indonesia QG307 rute Surabaya ke Ujung Pandang dapat disampaikan bahwa penerbangan diberangkatkan sesuai jadwal pada pukul 06.00 WIB. 

Baca Juga:
Garuda Indonesia Group Terbangkan 82 Ribu Penumpang di Puncak Arus Angleb

Setelah kurang lebih 15 menit mengudara, penerbangan tersebut kembali mendarat di Surabaya dikarenakan pilot kami mengalami darurat kesehatan. 

Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat.

Baca Juga:
Di Periode Libur Lebaran, Garuda Siapkan 170 Extra Flight dan Citilink 400

"Petugas darat bersama seluruh stakeholders di bandar udara Juanda Surabaya telah mempersiapkan prosedur penanganan evakuasi darurat kesehatan dengan sangat cepat dan baik,  dan pilot telah ditangani oleh pihak dokter di rumah sakit terdekat," tutur dia

Selanjutnya petugas Citilink di Surabaya telah menginformasikan dan memberikan penjelasan kepada penumpang serta memberikan Service on ground, dan penumpang dapat menerima informasi tesebut dengan baik. 

Selanjutnya, dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang, Citilink melakukan penggantian pesawat serta seluruh kru, dan penerbangan tersebut telah diterbangkan kembali pada pukul 10.46 WIB

"Sebelum melakukan penerbangan, kami telah melakukan prosedur pengecekan kesehatan kepada seluruh kru yang bertugas dan dinyatakan fit atau laik terbang," tutur Kadek. 

Adapun berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia.

Almarhum akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku.

Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

"Oleh karena itu kami selalu berupaya sejak dini dalam mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan," pungkas Kadek. (omy)