Stasiun Bekasi Layani Tes Antigen untuk Penumpang Kereta Jarak Jauh

  • Oleh : Fahmi

Senin, 25/Jul/2022 15:10 WIB
Pelayanan Tes Antigen untuk penumpang KA Jarak Jauh di Stasiun Bekasi, Jawa Barat. Pelayanan Tes Antigen untuk penumpang KA Jarak Jauh di Stasiun Bekasi, Jawa Barat.

QStasiun Bekasi menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan tes Antigen bagi penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Layanan pada Senin (19/7/2022) pagi ini dibuka mulai pukul 7.00 hingga 18.00. 

Terlihat meja layanan dan petugas sudah bersiap di tempat masing-masing memberikan pelayanan vaksin bagi penumpang yang belum melakukan vaksin dosis lengkap atau booster.

Baca Juga:
DJKA Pastikan Perawatan Eskalator Stasiun Bekasi Rampung Bulan Ini

Diketahui, mulai kemarin Ahad, 17 Juli 2022 aturan baru untuk perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) diberlakukan aturan baru, yaitu setiap penumpang berusia di atas 17 tahun yang belum melakukan vaksin booster harus diwajibkan melakukan sreaning Covid-19 baik itu Antigen atau PCR.

"Untuk mendukung seluruh kebijakan pemerintah pada perjalanan KA yang aman dan sehat di masa pandemi Covid-19 maka Daop 1 Jakarta juga menyediakan layanan antigen di Stasiun," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dikutip dari keterangan resmi, Ahad (17/7/2022) lalu.

Baca Juga:
Protes! Eskalator Mati di Stasiun Bekasi Dikasih Nisan dan Tabur Bunga oleh Pengguna KRL

Dijelaskan Eva, sebelumnya layanan antigen telah tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar senen, namun sebagai bentuk peningkatan layanan serta memudahkan penumpang untuk memenuhi persyaratan demi perjalanan KA yang sehat dan aman maka mulai hari ini, Ahad 17 Juli 2022 Daop 1 Jakarta menambah 4 lokasi layanan antigen di Stasiun Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek. 

Di Stasiun Bekasi, masyarakat yang akan melalukan tes Antigen wajib menunjukkan bukti transaksi tiket dan membawa kartu identitas seperti KTP. 

Baca Juga:
KRL Jumat Pagi Padat Penumpang, Stasiun Mana yang Sepi?

Bukti tes Antigen dikatakan petugas disitu akan berlaku 1x24 jam. Penumpang yang akan melakukan perjalanan panjang harus selalu melakukan tes untuk menggunakan moda transportasi kereta api ini.

"Antigen ini nanti berlakunya 1x24 jam, kalau nanti misalnya dari tempat tujuannnya maubkembali harus tes lagi. Tapi di mana-mana ada kok, semua stasiun pasti dari kemarin," ujar petugas.

Adapun harga pelayanan tes antigen di Staisun Bekasi ialah Rp 35.000.

Jika calon penumpang pada saat melakukan pemeriksaan memiliki hasil positif maka tidak diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen secara tunai. Proses pengembalian akan dibantu oleh petugas. (fahmi)