Di Tengah Harga Tiket Pesawat Melambung, Pelni Lihat Peluang Kenaikan Penumpang

  • Oleh : Naomy

Selasa, 26/Jul/2022 16:01 WIB
Kapal Pelni Kapal Pelni

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Di tengah kenaikan kenaikan harga tiket pesawat udara, Pelni melihat ada peluang untuk mendongkrak jumlah penumpang.

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Ya, pasalnya, kenaikan harga tiket itu disebabkan adanya peningkatan harga bahan bakar pesawat (avtur).

Karena itu, kemungkinan masyarakat untuk beralih ke moda transportasi yang lebih terjangkau menjadi semakin tinggi. Menurut pengamat transportasi Djoko Setijowarno, moda angkutan laut seperti kapal dan penyeberangan laut bisa menjadi alternatif untuk masyarakat bepergian. 

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

“Kapal laut milik Pelni misalnya, yang mendapatkan PSO oleh pemerintah dan dapat memuat banyak penumpang, tarifnya pun masih bisa dijangkau oleh masyarakat,” kata Djoko, Selasa (26/7/2002). 

Moda transportasi yang sering dipilih masyarakat seperti pesawat terbang juga dinilai akan mengalami kenaikan operasional karena tingginya harga avtur dan rencana kenaikan airport tax.

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Alternatif memilih kapal laut menjadi transportasi untuk bepergian lintas daerah di Indonesia menjadi semakin memungkinkan. 

Hal itu menurutnya, selain bisa bepergian dengan harga transportasi yang lebih terjangkau, masyarakat juga dapat menikmati alam laut dengan pelayanan di atas kapal yang saat ini semakin mumpuni.

“Moda angkutan laut mesti mengambil kesempatan ini sebagai cara untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas di kapal. Pascapandemi banyak sekali orang yang butuh liburan untuk melepas penat. Tinggal bagaimana caranya pelayanan di kapal laut ditingkatkan supaya masyarakat betah dan ingin berlama-lama berlayar,” tuturnya. 

Vice President Usaha Penumpang Non Komersil PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni), Presda Simangasing mengatakan, sebagai operator kapal milik negara, pihaknya terus melakukan pembenahan demi memberikan kemudahan bagi masyarakat. 

“Tidak hanya via situs saja, pembelian tiket sekarang sudah bisa melalui aplikasi di ponsel pintar. Lebih mudahnya lagi, masyarakat juga dapat datang ke minimarket terdekat atau agen perjalanan resmi yang bekerjasama dengan PT Pelni untuk membeli tiket kapal," kata Presda. 

Dia juga menambahkan, perjalanan dengan kapal laut sekarang semakin menyenangkan karena PT Pelni memberikan one stops solution bagi masyarakat yang akan bepergian. 

“Kami memanjakan para penumpang dengan menyediakan hiburan seperti live music, mini bioskop atau play station. Kemudian, kami juga memiliki Pelni Mart, Mini Butik dan Dapoer Pelni bagi para penumpang yang ingin berbelanja di atas kapal, serta adanya Klinik dan tempat beribadah di atas kapal” kata Presda. (omy)