KAI Kerja Sama dengan UI Kembangkan Bidang SDM dan Tarif Kereta Api

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 28/Jul/2022 07:57 WIB
Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menandatangani perjanjian kerja sama bidang pengadaan, pengembangan, penelitian, pendidikan, dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) serta tarif kereta api, Selasa (26/7/2022).  ANTARA/HO-Humas UI. Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menandatangani perjanjian kerja sama bidang pengadaan, pengembangan, penelitian, pendidikan, dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) serta tarif kereta api, Selasa (26/7/2022). ANTARA/HO-Humas UI.

DEPOK (BeritaTrans.com) - Universitas Indonesia (UI) bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan kerja sama dalam bidang pengadaan, pengembangan, penelitian, pendidikan, dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) serta tarif kereta api. 

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo. 

Baca Juga:
Pastikan Sehat saat Pelayanan Lebaran, Petugas KAI Daop 5 Periksa Bebas Narkoba

Rektor UI Ari Kuncoro dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan kerja sama ini membawa dampak positif bagi kedua belah pihak dan berharap civitas akademika UI dapat lebih memberikan kontribusi nyata dalam menyiapkan SDM andal untuk mendukung kerja sama yang telah disepakati antara UI dengan PT KAI. 

"Seperti kita ketahui bersama bahwa dari universitas banyak lahir inovasi-inovasi di berbagai bidang disiplin ilmu yang memberikan kontribusi kepada masyarakat baik itu teknologi, kemudahan inovasi-inovasi lain yang bernilai ekonomis," katanya. 

Baca Juga:
Sinergi Sido Muncul dan KAI Services, Bikin Perjalanan jadi Lebih Menyenangkan

Dengan Nota Kesepahaman ini diharapkan hubungan yang telah terjalin dengan baik antara Universitas Indonesia dengan PT KAI bisa lebih ditingkatkan dan bermanfaat untuk semuanya. 

Kerja sama ini meliputi berbagai kegiatan, yaitu pengembangan, pendidikan dan pelatihan SDM, termasuk pengembangan kapabilitas digital, penyelenggaraan kegiatan penelitian dan pengembangan serta penerapan teknologi di bidang perkeretaapian; pengkajian atas kegiatan/proyek pengembangan di bidang perkeretaapian; penyelenggaraan kegiatan sertifikasi profesi; dan implementasi kegiatan program merdeka belajar kampus merdeka. 

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Bersama Kemenkop dan UKM Gelar Bazar Ramadan di Area Stasiun Gambir

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan pihaknya berusaha untuk terus meningkatkan layanan dan kualitasnya, salah satunya melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. 

"PT KAI sebagai BUMN dalam perkeretaapian, terus mempersiapkan dan menciptakan khususnya dalam upaya pengembangan dan meningkatkan kualitas SDM, karena SDM merupakan komponen yang sangat penting bagi sebuah perusahaan sehingga melalui kerja sama ini diharapkan mampu mencetak SDM yang berkualitas dan unggul. 

Kerja sama ini, menurut dia, merupakan wujud nyata antara UI dan PT KAI bersama membangun kemandirian dan kerja sama pendidikan dan pelatihan. 

"Jadi, harapan kami kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan transportasi masa berbasis kereta api," ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, dilakukan juga perjanjian kerja sama diskon tarif kereta api dengan ruang lingkup meliputi pemberian diskon tarif pada kereta api jarak jauh dan menengah sebesar 10 persen untuk kelas pelayanan eksekutif, bisnis, dan ekonomi. 

Diskon ini berlaku bagi dosen dan/atau tenaga kependidikan UI yang melakukan pembelian tiket melalui mobile application dengan akun yang telah dilakukan registrasi sesuai dengan ketentuan perusahaan.(fhm/sumber:antara)