Daftar Lengkap Proyek Tol yang Dikebut Kelar Tahun Ini

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 28/Jul/2022 12:01 WIB
Foto: rengga sancaya: Tol Becakayu Seksi 2B   Foto: rengga sancaya: Tol Becakayu Seksi 2B

Jakarta (Beritatrans.com) - Proyek jalan tol yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ditargetkan rampung tahun ini. Hal ini berdasarkan keterangan Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo.

"Proyek tol Cibitung-Cilincing, Becakayu, Pasuruan-Probolinggo, Banda Aceh-Sigli yang ditargetkan 2022 selesai," ujar Wahyu dalam media briefing di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (26/7/2022).

Wahyu turut menyinggung perkembangan proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Ia menyebut pemerintah sedang mengusahakan Tol Bocimi bisa selesai tahun 2024.

Dalam pengerjaan proyek jalan tol, masalah pengadaan tanah kerap menjadi kendala. Namun satu yang paling menghambat adalah pengadaan tanah wakaf.

"Yang banyak menghambat itu tanah wakaf. Mereka minta ganti rugi persis, bangunannya harus sama. Masjid harganya berapa, luasnya berapa. Begitu dibangun, masjid luas 100 meter persegi di lokasi yang beda nggak bisa sama, karena harganya beda," katanya menambahkan.

Dalam hal ini, pemerintah terus mencarikan solusi melalui pendekatan ke masyarakat. Sebab jika masalah ini tidak tuntas maka pengerjaan proyek jalan tol bakal terhenti.

Wahyu menyebut jika masyarakat tidak sepakat soal pembebasan lahan maka pemerintah memilih jalur pengadilan untuk menyelesaikannya.

Selama 2022, ada tujuh PSN yang telah diselesaikan. Proyek-proyek tersebut antara lain Kawasan Industri Tanjung Enim, Kawasan Industri Terpadu Batang, Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Kawasan Industri Weda Bay, Central-West Java Transmission Line 500 KV, PSEL Benowo, dan PLBN Sota di Kabupaten Merauke.

Selain itu, pemerintah menargetkan 20 proyek akan selesai di tahun ini, termasuk empat proyek tol yang sebelumnya disebutkan. "Kita upayakan tahun 2022 ini akan ada tambahan, dan sekitar 20 proyek ini bisa diselesaikan di tahun 2022," pungkasnya.
(ny/Sumber: detik.com)

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Bakal Beroperasi Agustus 2024