Horison Ultima Kertajati Buka 124 Kamar untuk Penerbangan Umrah

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 28/Jul/2022 12:57 WIB
Hirison Ultima Kertajati. Foto: kompas.com. Hirison Ultima Kertajati. Foto: kompas.com.

MAJALENGKA (BeritaTrans.com) -- Sambut penerbangan umrah di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada September 2022, Horison Ultima Kertajati akan membuka 100 persen kapasitas kamar.

Direktur PT Metropolitan Land Tbk (Metland) Olivia Surodjo mengungkapkan hal itu saat menjawab awak media, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga:
Biaya Umrah 2022 Naik Jadi Rp40 Juta per Jemaah

"Saat ini, kamar yang dioperasikan sekitar 100 unit. Nanti pada saat penerbangan umrah melalui embarkasi BIJB, kami akan buka full 124 kamar alias 100 persen," ujar Olivia.

Penerbangan umrah adalah salah satu aktivitas kebandaraan yang diproyeksikan berkontribusi besar terhadap tingkat okupansi Horison Ultima Kertajati.

Selain itu, layanan kargo udara juga turut mendongkrak tingkat okupansi hotel menjadi sekitar 50 persen, dari sebelumnya pada saat Pandemi Covid-19 hanya sekitar 10-15 persen.

Sebagaimana diketahui, layanan kargo di BIJB semakin aktif dan menunjukkan tren yang cenderung meningkat. Pada Desember 2021 sekitar 15 ton per hari.

Kini, layanan kargo BIJB telah menembus angka 40 ton hingga 60 ton per hari. Okupansi ini ditargetkan akan terus meningkat jika komitmen kerja sama strategis dengan sejumlah maskapai yang membuka layanan kargo, terealisasi.

Menurut Olivia, perseroan akan membuka peluang untuk menambah kapasitas kamar sebanyak 75 unit-80 unit jika BIJB resmi beroperasi secara komersial dengan target 1,7 juta penumpang pada tahun perdana.

Dengan demikian, jumlah total kamar Horison Ultima Kertajati menjadi 200 unit. Kamar-kamar baru ini akan dibangun di atas struktur eksisting yang memang dirancang untuk ekstensi bangunan tambahan.

Selain itu, land bank Perseroan juga masih sangat luas yakni sekitar 200 hektar, yang tentu saja sangat mendukung pembangunan ekstensi Horison Ultima Kertajati. 

"Kami optimistis, terlebih pembangunan infrastruktur konektivitas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terus dipercepat dan dijadwalkan beroperasi pada Desember 2022. Sehingga demandkamar hotel akan terus bertambah," imbuh Olivia.

Dia melanjutkan, Perseroan akan sangat diuntungkan dengan operasionalisasi BIJB dan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Kota Bandung dan sekitarnya dengan kawasan Majalengka dan sekitarnya.

Permintaan hotel tidak saja datang dari sektor pemerintahan atau government spending melalui kegiatan meeting, incentives, convention and exhibition (MICE), melainkan juga pasar korporat.

"Selama ini Horison Ultima Kertajati ditopang oleh banquette, MICE, serta F and B. Dengan beroperasinya kedua infrastruktur konektivitas tersebut, perolehan dari operasionalisasi kamar juga akan meningkat," cetus Olivia. (dn/sumber: kompas.com)