Gelar Padat Karya di Instalasi SROP Pemancar Disnav Cilacap, Kemenhub Libatkan Ratusan Warga Sekitar

  • Oleh : Naomy

Kamis, 28/Jul/2022 14:34 WIB
Padat Karya di Cilacap Padat Karya di Cilacap

 

CILACAP (BeritaTrans.com)–  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Distrik Navigasi (Disnav) Kelas III Cilacap kembali menggelar program padat karya bertempat di Instalasi Stasiun Radio Pantai (SROP) Pemancar Disnav Kelas III Cilacap, Jawa Tengah.

Baca Juga:
Kemenhub Libatkan 50 Warga Ikuti Padat Karya Disnav Cilacap di Gunung Kidul

Kegiatan yang digelar selama tiga hari 28-30 Juli 2022 ini, melibatkan 100 pekerja yang merupakan masyarakat sekitar, khususnya warga masyarakat Kelurahan Tambakreja. 

Kegiatan dibuka Anggota Komisi V DPR Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah VIII, Hj. Novita Wijayanti. 

Baca Juga:
Gelar Padat Karya di Disnav Cilacap, Ditjen Hubla Libatkan 150 Warga

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap jajaran Disnav Cilacap atas pelaksanaan program padat karya ini yang ketiga kalinya ini.

"Hari ini ada 100 orang peserta yang mengikuti kegiatan padat karya, semoga hasilnya maksimal. Karena kegiatan ini merupakan komitmen Pemerintah yang ingin hadir di tengah masyarakat," ujarnya. 

Baca Juga:
Disnav Cilacap Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Pihaknya berharap program padat karya seperti ini dapat diperbanyak di seluruh Indonesia guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Era New Normal ini.

Selain itu, lanjut Novita, kegiatan ini diperuntukan bagi tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus dan diprioritaskan kepada warga lingkungan sekitar untuk diberdayakan.

"Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan hasilnya tetap maksimal meski dengan anggaran yang terbatas," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Distrik Navigasi Cilacap Suyadi dalam laporannya mengatakan, kegiatan padat karya kali ini merupakan kegiatan padat karya tahap ketiga tahun 2022 yang dilaksanakan pada fasilitas yang berada di lingkungan Disnav Cilacap yakni di Instalasi SROP Pemancar. 

"Sebelumnya, kegiatan padat karya tahap pertama berlangsung pada bulan Maret 2022 berlokasi di Instalasi Bengkel Kenavigasian, kemudian tahap kedua dilaksanakan pada Juni 2022 di Menara Suar Baron Gunung Kidul," paparnya.

Adapun pekerjaan pada padat karya kali ini meliputi pengecatan gedung SROP Pemancar, pembersihan lingkungan, perbaikan saluran, dan pemasangan paving yang dilakukan secara berkelompok dengan diawasi oleh tenaga terlatih serta tetap memerhatikan protokol kesehatan.

"Program padat karya ini bersumber dari dana APBN dan upah kerja diberikan secara langsung kepada masyarakat yang terlibat sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat," kata Suyadi.

Pihaknya berharap melalui kegiatan padat karya ini tercipta pemberdayaan masyarakat dan peningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Kami juga berharap kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan dan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan kemampuan anggaran yang ada," pungkasnya. 

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Kepala Kantor KSOP Kelas II Cilacap, perwakilan LANAL Cilacap, BMKG Cilacap, KKP Cilacap, Kantor SAR Cilacap, Pelindo Cabang Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, POLAIR Cilacap, Camat Cilacap Selatan, Lurah Tambakreja serta perwakilan instansi Pemerintahan dan stakeholder terkait di wilayah Cilacap. (omy)