Alami Masalah Kesehatan, 2 Jemaah Haji Asal Sragen Diturunkan di Bandara Kualanamu

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 28/Jul/2022 16:54 WIB
Foto Ilustrasi: Sejumlah jamaah haji berdoa setelah turun dari pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasiona Juanda, Surabaya. TEMPO/Fully Syafi Foto Ilustrasi: Sejumlah jamaah haji berdoa setelah turun dari pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasiona Juanda, Surabaya. TEMPO/Fully Syafi

BOYOLALI (BeritaTrans.com) - Dua orang jemaah haji Kloter 15 Embarkasi Solo dari Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, diturunkan di Bandara Kualanamu, Medan. Hal itu karena salah seorang dari mereka mengalami sakit dan harus dirujuk ke rumah sakit.

"Kloter 15 SOC ini sejumlah 360 jemaah diberangkatkan ke Tanah Air. Namun dua jemaah diturunkan di Bandara Kualanamu Medan, dikarenakan harus mendapatkan perawatan," kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Siap Layani Angkutan Lebaran

Jemaah tersebut yakni Tugimin Wiro Sumarto (62) warga Karangsido RT 04, Karangtalun, Tanon, Kabupaten Sragen. Dirujuk ke RSU Amri Tambunan Lubuk Pakam karena mengalami gangguan jantung.


"Didampingi istrinya. Jadi ada dua jemaah yang kita turunkan di Kualanamu," jelas Sarip.

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Terapkan National Logistic Ecosystem

Dijelaskan Sarip, Kloter 15 ini membawa 360 jemaah dari Kabupaten Sragen, Kota Semarang, Kabupaten Magelang, serta 2 jemaah tanazul atau mutasi Kloter dari Kabupaten Manokwari.

Dalam perjalanan pulang dari Arab Saudi, seorang jemaah dari Kabupaten Sragen tersebut mengalami sakit gangguan jantung. Saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa para jemaah itu transit di Bandara Kualanamu, jemaah atas nama Tugimin Wiro Sumarto itu pun diturunkan untuk dirujuk ke rumah sakit di sana. Istrinya juga ikut turun untuk mendampinginya.

Baca Juga:
Tiba di Bandara Kualanamu, Penerbangan Perdana Qatar Airways Disambut Water Salute

Kemudian pesawat terbang lagi melanjutkan perjalanan menuju Bandara Adi Soemarmo, Boyolali. Menurut Sarip, pesawat Kloter 15 mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada pukul 23.00 WIB, Senin (25/7). Kedatangan Kloter 15 ini pun mundur sekitar 50 menit dari jadwal semula pukul 22.10 WIB.

Lebih lanjut Sarip menyampaikan, jemaah haji yang sudah dipulangkan dari Arab Saudi dan telah sampai di Tanah Air saat ini sebanyak 15 Kloter dengan jumlah jemaah 5.390 orang. Kemudian untuk jemaah haji yang sakit di Arab Saudi ada tujuh orang.

"Untuk jemaah haji Embarkasi Solo yang wafat sampai saat ini ada 16 orang," pungkasnya.(fh/sumber:detik)