Gandeng UNILA dan Nelayan, IPC TPK Palembang Tanam 1.225 Batang Mangrove

  • Oleh : Naomy

Kamis, 28/Jul/2022 17:22 WIB
Penanaman Mangrove di Palembang Penanaman Mangrove di Palembang

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Memperingati hari Mangrove Sedunia yang jatuh 26 Juli 2022, PT IPC Terminal Petikemas/IPC TPK kembali lakukan Aksi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bidang lingkungan melalui penanaman mangrove di wilayah kerja area IPC TPK Palembang.

Menggandeng UNILA dan kelompok nelayan yang merupakan warga sekitar, sebanyak 1.225  batang mangrove di tanam Desa Sungsang 4, Banyuasin, Sumatera Selatan.  

Baca Juga:
IPC TPK Perkuat Safety Operation melalui QHSE Forum


“Penanaman Mangrove merupakan salah satu upaya kami (IPC TPK) dalam memberi kembali manfaat kepada laut. Laut adalah sumber kehidupan kami di pelabuhan. Konservasi mangrove adalah salah satu upaya kami menjaga ekosistem laut. Mangrove sendiri berperan dalam mencegah erosi dan abrasi pantai, penghasil oksigen (O2) serta menjadi tempat hidup bagi biota laut” tutur David Sirait, Direktur Utama IPC TPK, Kamis (28/7/2022).  

Aksi penanaman mangrove juga menjadi salah satu rangkaian perayaan HUT ke-9 IPC TPK. Dikutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, total luas hutan Mangrove Indonesia tahun 2021 yaitu 3.364.076 Ha.

Baca Juga:
IPC TPK Lepas Keberangkatan Ratusan Pemudik Gratis Bersama BUMN Pelindo 2024

Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan Hutan Mangrove Terluas di Dunia.  

“Terima kasih kepada IPC TPK. Kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan karena berdampak besar dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Dari mulai pemberdayaan masyarakat hingga dapat meningkatkan pendapatan daerah melalui program pemerintah Carbon Trading serta pengembangan Desa Sungsang 4 sebagai Desa Wisata.” ujar Kepala Desa Sungsang 4 Romi Adi Chandra

Baca Juga:
Kerahkan 10 Bus, IPC TPK Berangkatkan 500 Pemudik Gratis

IPC TPK berkontribusi dalam penanaman mangrove pada tahun 2021 dengan menanam 2.000 batang mangrove di Provinsi Jambi dan Provinsi Lampung.

Sejak tahun 2017, IPC TPK secara berkelanjutan telah melakukan penanaman terumbu karang di Provinsi Lampung.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Kementerian BUMN mendorong perusahaan BUMN untuk melaksanakan program konservasi mangrove dan terumbu karang di Kawasan pesisir.  

"Melalui program TJSL, tahun ini kami berencana melakukan konservasi 6.225 Mangrove. Harapannya pohon yang ditanam hari ini dapat tumbuh dengan baik, mewujudkan pelestarian lingkungan, mengurangi emisi karbon dan memberi manfaat bagi lingkungan dan warga sekitar," pungkas David. (omy)