Nama Pelabuhan Kijing Kalbar Berubah Jadi Pelabuhan Internasional Tanjungpura

  • Oleh : Dirham

Senin, 08/Agu/2022 10:46 WIB
Pelabuhan Kijing.  Pelabuhan Kijing. 

POTIANAK (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan pelabuhan Internasional Tanjungpura, Kalimantan Barat di Sungai Kunyit, Mempawah, Selasa, 9 Agustus 2022. 

Dari undangan yang beredar, terkuak, nama resmi pelabuhan tersebut, yakni Pelabuhan Tanjungpura, bukan pelabuhan Kijing, seperti yang telah digunakan selama ini.

Sekretaris Daerah Kalbar, Harrison, menjelaskan, penetapan nama pelabuhan tersebut, sepenuhnya diserahkan ke Pemerintah Pusat. 

"Mengenai nama mana yang akan ditetapkan sebagai nama baku, sepenuhnya diserahkan kepada Pemerintah Pusat, berdasarkan prosedur dan tahapan yang diatur dalam ketentuan penyelenggaraan nama Rupabumi," jelasnya, Senin, 8 Agustus 2022.

Harisson menambahkan, sebelumnya Pemerintah Provinsi Kalbar telah mengusulkan 2 nama. Usulan penamaan tersebut berdasarkan surat Gubernur Kalbar perihal usulan nama Pelabuhan yang merupakan Proyek Strategis Nasional di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalbar, tertanggal 3 Juni 2022.

"Sebenarnya Pemprov Kalbar telah mengusulkan dua nama pelabuhan, yakni Pelabuhan Kijing Mempawah dan Pelabuhan Internasional Tanjungpura," ungkapnya.

Sebagimana diberitakan sebelumnya, penamaan Pelabuhan Tanjungpura ini diketahui berdasarkan undangan peresmiannya yang beredar di media sosial.

Dalam undangan yang menggunakan kepala surat Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia itu, tertulis peresmian Pelabuhan Tanjungpura oleh Presiden Republik Indonesia. Berlokasi di Terminal Kijing Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Informasi ini memantik reaksi dari berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Mempawah. Masyarakat merasa kecewa. (ds/sumber Kumparan.com)