Pacu Peluang Ekspor, IPC TPK Layani Rute Langsung Intra Asia Pertiwi

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 16/Agu/2022 12:16 WIB
Foto:istimewa/IPC TPK Foto:istimewa/IPC TPK

JAKARTA (BeritaTrans.com) - IPC Terminal Petikemas/IPC TPK operator terminal petikemas anak usaha Subholding Pelindo Terminal Petikemas, kembali di percaya melayani rute baru MSC Pertiwi.

Direktur Utama IPC TPK David Sirait mengatakan, hal tersebut ditandai dengan maiden voyage MV MSC IDA II yang dimulai di IPC TPK Terminal Panjang, pada hari minggu (13/8/2022) dan tiba di IPC TPK Terminal 3 Tanjung Priok Jakarta pada hari Senin (15/8/2022).

Baca Juga:
Pelindo Sebut Pelabuhan Lembar Catat Kinerja Positif di 2024

“Kami terus melakukan upaya dalam mendukung program pemerintah terkait peningkatan ekspor-impor, dengan memberikan kepastian pelayanan kepada seluruh pengguna jasa, salah satunya adalah mendukung langkah ekspansi MSC melalui pembukaan berbagai rute baru,” kata David Sirait dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (16/8).

Menurut David, layanan ini menjadi salah satu dedicated jalur pelayaran Intra Asia meliputi Singapura – Tanjung Pelepas – Panjang – Jakarta – Singapura – Tanjung Pelepas – Busan – Qingdao – Incheon – Tianjinxingang – Vung Tau – Laem Chabang.

Baca Juga:
Bentuk Kepedulian, JPPI Tebar Berkah Ramadhan di Sekitar Perusahaan

MV MSC IDA II milik PT Mediterranean Shipping Company menjadi kapal yang mengarungi rute tersebut. Dengan LOA 195 meter dan BEAM 30 meter, kapal tersebut melakukan bongkar-muat sebanyak 992 TEUs petikemas di IPC TPK Area Panjang dan 2.100 TEUs petikemas di IPC TPK Area Tanjung Priok. Ini merupakan layanan rute baru IPC TPK yang ke-7 sepanjang tahun 2022.

“Sebelumnya dalam enam bulan terakhir IPC TPK telah melayani 6 (enam) layanan rute baru, ini adalah yang ke 7 (tujuh), semoga dapat mendorong geliat ekspor impor Indonesia,” ujar David Sirait.

Baca Juga:
Persiapan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Sambut Arus Mudik Lebaran 2024

Managing Director MSC Mediterranean Shipping Company Dhany Novianto memastikan MSC akan selalu berkontribusi positif yang memberikan dampak yang baik terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

“Melihat peluang dan kesempatan untuk pasar Intra Asia dari Indonesia dan sebaliknya, kami percaya bahwa MSC akan memberikan kontribusi yang positif terhadap pasar di Indonesia dan juga menjawab keinginan permerintah dengan layanan langsung dari Pelabuhan Indonesia ke luar negeri.” ujar Dhany Novianto.

Penyambutan layanan rute baru di Pelabuhan Panjang tersebut dilakukan oleh manajemen IPC TPK Area Panjang dan perwakilan dari MSC Mediterranean Shipping Company. Setibanya di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, seluruh jajaran Direksi IPC TPK menyambut langsung layanan rute baru tersebut.

“Dengan dibukanya layanan tersebut, kami harap dapat memberikan manfaat bagi para eksportir dan importir dengan meningkatkan percepatan pengiriman langsung ke negara tujuan. Layanan ini juga diharapkan menjadi solusi untuk pengiriman barang dari Indonesia langsung ke negara tujuan tanpa melakukan transhipment” tutup David.(ahmad)