Perayaan HUT Ke 77 RI, KAI Hadirkan Lokomotif Bon-Bon dan Kereta Djoko Kendil di Stasiun Tanjung Priok

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 17/Agu/2022 13:28 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengaktifkan kembali Lokomotif Si Bon-Bon dan dua kereta Djoko Kendil pada perayaan HUT Ke 77 Kemerdekaan RI pada Rabu, 17 Agustus 2022. 

KA ESS-3201 dan dua rangkaian KA penumpang tua yang ikut dibelakangnya, berjalan simbolik dari Stasiun JakartaKota menuju Stasiun Tanjung Priok. 

Baca Juga:
KAI Operasikan Lokomotif Bon-Bon dan Kereta Djoko Kendil Saat Perayaan HUT Ke-77 RI

Masyarakat antusias datang ke Stasiun Tanjung Priok untuk melihat dan mengabadikan gambar bersama rangkaian KA bersejarah tersebut.

Tidak hanya remaja pecinta kereta, terlihat pula anak-anak hingga orang dewasa meramaikan suasana di stasiun tersebut.

Pada pengoperasian rangakain KA tersebut, dinaiki langsung oleh Dirut KAI Didiek Hartantyo bersama Direktur Pengelolaan Prasarana PT KAI Awan Hermawan Purwadinata beserta direksi.

Lokomotif listrik ESS-3201 adalah lokomotif listrik pertama di Indonesia. Lokomotif ini pernah melayani jalur Batavia (sekarang Jakarta) – Butenzorg (sekaranh Bogor). Si Bon-Bon ini dibuat pada tahun 1926 oleh perusahaan Werkspoor N.V asal Belanda. Pernah beroperasi semenjak era kolonial hingga tahun 1970-an.

Mula-mula lokomotif listrik ini melayani rute Tanjung Priok – Meester Cornelis (sekarang Jatinegara), namun belakangan juga menjalani koridor Depok hingga Buitenzorg (Bogor) setelah elektrifikasi lintasan ini selesai pada tahun 1930.(fhm)