Kemenparekraf dan LKPP Kolaborasi Buka Pendaftaran E-Katalog Jasa Akomodasi dan Paket Pertemuan

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 19/Agu/2022 08:29 WIB
Pelatihan Kemenparekraf Pelatihan Kemenparekraf

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) melakukan Onboarding Pendaftaran Produk Catalog Elektronik Etalase Jasa Akomodasi dan Paket Meeting (pertemuan).

Baca Juga:
Indonesia Aktif Bangun Kerja Sama Parekraf di Dunia Internasional

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung pada saat kegiatan Onboarding Pendaftaran Produk Catalog Elektronik Etalase Jasa Akomodasi dan Paket Meeting di Hotel Mercure Sabang, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2022) menjelaskan, ini sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang menyatakan bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah menerapkan prinsip efektif dan efisien. 

Untuk itu, proses pengadaan jasa akomodasi dan paket meeting sudah seharusnya menerapkan prinsip tersebut.

Baca Juga:
Peran Wanita dalam Pariwisata Dibahas Bareng Kemenparekraf dan Australia

“Saya berharap, setelah kegiatan ini para pelaku industri perhotelan yang hadir secara offline maupun online segera meng-onboarding-kan jasa akomodasi dan paket meeting pada katalog elektronik,” ujar Henky.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Manajemen industri Kemenparekraf/Baparekraf, Anggara Hayun Anujuprana, menyampaikan kegiatan onboarding diikuti secara luring oleh 10 pelaku industri hotel di Jakarta dan secara daring dari sejumlah perwakilan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia). 

Baca Juga:
Pokemon Air Adventures Indonesia Bakal Hadir Maret hingga Oktober

Selain itu hadir juga beberapa pelaku waralaba hotel yang diharapkan dapat memberikan contoh kepada hotel lain bahwa onboarding ke E-Catalog Sektoral LKPP itu mudah. 

"Hotel dapat memanfaatkan onboarding ini untuk mempermudah kementerian/lembaga/daerah pada saat memesan hotel untuk kegiatan," ujarnya.

Kemudian, Ketua Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kemenparekraf/Baparekraf, Sadimin dalam paparannya mengatakan pemanfaatan E-Catalog ini bertujuan untuk mewujudkan pengadaan barang/jasa pemerintah yang cepat, mudah, transparan, dan tercatat secara elektronik.

"Dengan onboarding-nya industri perhotelan pada katalog elektronik ini kami harap proses pengadaan barang/jasa pemerintah menjadi lebih efektif, efisien, dan transparan," ujar Sadimin.

Sementara itu, Analis Kebijakan Madya, Direktorat Pengembangan Sistem Katalog LKPP, Erlangga Aninditya menuturkan katalog elektronik ini telah mengubah pengadaan barang/jasa pemerintah yang awalnya tidak tercatat dengan baik menjadi tercatat secara sistem. 

"Selain itu dengan adanya katalog elektronik ini, dapat meningkatkan peran UKM dan koperasi serta mendorong pemanfaatan produk dalam negeri," ujar Erlangga.

Kegiatan ini diikuti peserta perwakilan dari Hotel Sari Pasifik, Hotel Grand Hyatt, Hotel Morrisey, Pullman, Hotel Mercure Sabang, Hotel Grand Mercure Harmoni, Hotel Harris Vertu Harmoni, Mandarin Oriental, Hotel Yellow Harmoni, Hotel Millenium, Hotel Accor Gorontalo, Archipelago International, Grand Mercure Medan Angkasa, Artotel Group, dan GH Universal Bandung. 

Dari kegiatan ini sudah ada dua hotel yang berhasil onboarding pada katalog elektronik, yaitu Hotel Mandarin Oriental dan Pullman serta akan dilanjutkan dengan coaching clinic untuk hotel-hotel yang membutuhkan pendampingan pada saat melakukan onboarding. (omy)

 

Tags :