Melihat Stasiun Kereta Api Purwakarta yang Dibangun Tahun 1902, Masih Kokoh Aja!

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 20/Agu/2022 05:39 WIB
Stasiun Purwakarta. Stasiun Purwakarta.

PURWAKARTA (BeritaTrans.com) - Stasiun Kereta Api Purwakarta terletak di Jalan Kornel Singawinata No 1 Purwakarta. Stasiun ini dibangun tahun 1902 bersamaan dengan pembangunan jalur baru KA dari Batavia (Jakarta)-Bandung.

Jalur kereta api Cikampek-Purwakarta diresmikan pada 27 Desember 1902 dan sampai di Padalarang pada tanggal 2 Mei 1906.

Baca Juga:
Akses Keluar Masuk Stasiun Manggarai Ada Penyesuaian, Ini Jalurnya!

Stasiun ini dibangun oleh Staatsspoorwegen (SS), jalur-jalur tersebut dibangun untuk memangkas waktu tempuh perjalanan kereta api rute Jakarta-Bandung.

Dahulu, kereta api yang dijalankan di lintas tersebut diberi nama Vlugge Vier (Cepat 4), yang menggambarkan keandalan, ketangguhan, serta kecepatan kereta api ini menantang medan terjal di jalur tersebut.

Baca Juga:
Pembangunan Stasiun Manggarai Masuki Tahap Akhir, Jalur Arus Penumpang Berubah

Stasiun ini menjadi salah satu titik pergantian lokomotif uap karena adanya peralihan medan terjal berkelok-kelok dengan medan datar, titik pergantian lokomotif lainnya pun juga ada di Stasiun Padalarang.

Hingga pertengahan era 1980-an saat kejayaan lokomotif uap meredup, Stasiun Purwakarta adalah tempat pergantian lokomotif bagi kereta api yang datang dari arah Jakarta menuju ke arah Bandung.

Baca Juga:
Pembangunan Terminal Bongkar Batu Bara Kramasan Dimulai, KAI Group Terus Tingkatkan Kinerja

Lokomotif lintas datar yang menarik kereta api dari Jakarta tersebut akan diganti dengan lokomotif tipe mallet yang lebih cocok untuk digunakan di daerah pegunungan.(fh/sumber:suara)