Sesbadan BPSDMP Lantik 253 Lulusan PKTJ Tegal

  • Oleh : Naomy

Kamis, 25/Agu/2022 22:18 WIB
Lulusan PKTJ Tegal Lulusan PKTJ Tegal


TEGAL (BeritaTrans.com) - Kunci keberhasilan dan kemajuan suatu Negara terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM), tidak terkecuali di Indonesia. 

"Untuk itu, SDM harus unggul di segala bidang sehingga mampu bersaing secara Global dalam memasuki Era Society 5.0 dan menyiapkan Indonesia Emas di tahun 2045," . tutur Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. A. Arif Priadi di sela Wisuda Perwira Transportasi Darat, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal di Kampus II PKTJ Tegal, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dia mengungkapkan bahwa Soft Skill dan Hard Skill sangat penting untuk persiapan menghadapi dunia kerja.

"Kampus Kemenhub ini memiliki sistem boarding school, taruna diasramakan untuk membentuk karakter dan sekaligus memberikan tambahan soft skill. Untuk hard skill, sudah diperoleh selama pembelajaran di kelas, laboratorium, simulator maupun pada saat praktek kerja. Namun, pembangunan karakter atau soft skill penting untuk persiapan menghadapi dunia kerja," paparnya.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Ada hal yang merupakan suatu tantangan dan tidak mudah untuk dapat melalui Era Industri 4.0 sekaligus Era Society 5.0 di mana teknologi menjadi bagian dari  manusia itu sendiri. 

"Kalau kita mengenal adanya industri 4.0 maka kita sebentar lagi memasuki Era Masyarakat atau Society 5.0. Hal ini sudah terlihat sejak 2 tahun masa pandemi, banyak disrupsi yang terjadi. Kedepannya, akan terjadi perubahan - perubahan yang lebih jauh lagi," imbuhnya

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Capt. Antoni juga berharap agar PKTJ Tegal terus berkontribusi menciptakan dan membekali SDM Transportasi Darat yang memiliki nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas)

Untuk mewujudkannya, dia mendorong personel pada Perguruan Tinggi untuk selalu Belajar, Berpikir, Berlatih dan Berhitung dalam setiap pelaksanaan tugasnya.

Dia berpesan kepada para Perwira Transportasi Darat yang dilantik agar menjadikan wisuda kali ini sebagai titik awal untuk menghadapi tantangan sesungguhnya. 

"Saya berpesan kepada para wisudawan, kedepannya setelah di wisuda bukan berarti tugas anda selesai. Tugas yang sesungguhnya baru dimulai. Selama pendidikan taruna/i dilatih dan dididik, setelah wisuda mulai menerapkan apa yang sudah dipelajari selama di kampus," katanya.

Para lulusan nantinya akan menjadi SDM garda terdepan, yang menjadi harapan kami di Kemenhub dalam rangka untuk mewujudkan cita - cita dan Visi Kementerian Perhubungan yaitu terwujudnya transportasi yang selamat dengan pelayanan transportasi yang andal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah 

Pada wisuda kali ini, PKTJ Tegal meluluskan 253 orang, yang terdiri dari 111 Taruna/i Program Studi Diploma IV Rekayasa Transportasi Jalan, 52  orang Program Studi Diploma IV Teknologi Rekayasa Otomotif dan 90 orang Taruna/i Program Studi Diploma III Teknologi Otomotif. Dengan tiga orang meraih indeks Prestasi Komulatif tertinggi dari masing - masing Program Studi. (omy)