215 Perwira Pelayaran Niaga BP2TL Dilantik Kapus PSDMPL

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 26/Agu/2022 17:34 WIB
Oelantikan di BP2TL Oelantikan di BP2TL

DEPOK (BeritaTrans.com) - Sebanyak 215 perwira pelayaran niaga lulusan diklat pelaut peningkatan tingkat III, IV dan V bidang keahlian Nautika dan Teknika Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) Jakarta dilantik, Jumat (26/8/2022).

Pelantikan salah satu Sekolah Tinggj Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dipimpin Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDMPL), Amiruddin.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dia menyampaikan harapannya kepada para lulusan, yang dilantik hari ini untuk dapat menyukseskan program pemerintah termasuk didalamnya adalah program Tol Laut guna pemerataan pembangunan, pemerataan ekonomi dan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan ilmu yang kalian dapat selama mengikuti pendidikan bermanfaat untuk keluarga bangsa dan negara. Saya sangat berharap kepada para perwira yang mengikuti upacara pelantikan hari ini, berperilaku sebagai perwira di atas kapal. kalian dapat memberikan perubahan di laut, kalian adalah aset bangsa untuk menyukseskan program pemerintah termasuk didalamnya adalah program Tol Laut," paparnya.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Amiruddin berpesan kepada para lulusan, agar dapat memberikan kontribusinya pada sektor tranportasi laut dan dapat memberikan pelayanan transportasi yang baik dan dapat bekerja serta memberikan pelayanan jasa dengan cepat.

"Saya berharap para perwira memberikan kontribusinya pada sektor tranportasi laut. Dengan jumlah penduduk indonesia kurang lebih 270 juta dan termasuk negara kepulauan terbesar di dunia, bisa menempati posisi atas dan memberikan kontribusi terhadap Indonesia. Saya berharap para lulusan dapat bekerja dengan cepat dan memberikan pelayanan jasa dengan cepat," pesannya.

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Dia juga mengingatkan kepada para lulusan untuk tidak mengurangi kontribusinya ditengah ketidakpastian pandemik dan masa industri 4.0. para lulusan harus terus melakukan inovasi dan kreasi untuk kesuksesan transportasi laut.

"Dengan adanya pandemik, diberikan satu ketidakpastian dan keadaan yang tidak seperti dulu sebelum industri 4.0, tetapi itu semua tidak mengurangi rasa terus berinovasi dan berkreasi untuk kesuksesan bagi Bangsa dan Negara," ucap Amiruddin.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. A. Arif Priadi berpesan agar para wisudawan terus dapat berkontribusi mewujudkan SDM Transportasi Laut yang memiliki nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas).

"Untuk mewujudkannya saya mendorong personel pada Perguruan Tinggi untuk selalu Belajar, Berpikir, Berlatih dan Berhitung dalam setiap pelaksanaan tugasnya," katanya.

Kepala BP2TL Jakarta, Dr. Asmul Khairi  menyampaikan, 215 orang lulusan yang merupakan para pelaut lulusan dari Diklat Pelaut Peningkatan Tingkat III, IV dan V.

Sebanyak 19 orang Ahli Nautika Tingkat III, delapan orang Ahli Teknika Tingkat III, 40 orang Ahli Nautika Tingkat IV, 26 orang Ahli Teknika Tingkat IV, 70 orang Ahli Nautika Tingkat V dan 52 orang Ahli Teknika Tingkat V. (omy)