Diundur Lagi, Seksi 3 Tol Cijago Beroperasi Januari 2023

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 28/Agu/2022 21:52 WIB
Progres pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi 3 Limo-Kukusan(Dok. BPJT Kementerian PUPR) Progres pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi 3 Limo-Kukusan(Dok. BPJT Kementerian PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3 Kukusan-Cinere secara keseluruhan akan tuntas Januari tahun 2023 mendatang.

Padahal sebelumnya, Seksi 3 Kukusan-Cinere ditargetkan bisa beroperasi Oktober 2022 sesuai jadwal kontrak dengan kontraktor utama.

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Bakal Beroperasi Agustus 2024

Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat konstruksi jalan tol sepanjang 5,44 kilometer tersebut.

Hal ini disampaikan Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Jasmono dari laman Kementerian PUPR, Ahad (29/8/2022).

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

“Selanjutnya, untuk Seksi 3 Limo-Kukusan sepanjang 5,44 kilometer tengah dilakukan percepatan konstruksi," ujar dia.

Dia optimistis, pembangunan Seksi 3A (Kukusan-Krukut) akan beroperasi pada November 2022.

Baca Juga:
Pembangunan Akses Tol BORR dari OCBD Ditargetkan Rampung Juli 2024

Sedangkan konstruksi Seksi 3B (Krukut-Limo) bakal akan beroperasi pada Januari 2023 mendatang.

Triono menambahkan, saat ini, progres konstruksinya secara keseluruhan telah mencapai 64,96 persen dan pembebasan lahan 90,77 persen.

Sedangkan untuk biaya konstruksi sebesar Rp 1,2 triliun dengan kontraktor pelaksana PT Lancarjaya Mandiri Abadi-PT PP Presisi dengan skema kerja sama operasi (KSO).

Sementara Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga sebagai Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Syaifullah Tamliha mengatakan, kedatangan Komisi V DPR ke Depok untuk memastikan pembangunan infrastruktur transportasi di wilayah itu dapat berjalan dengan baik.

"Kita meyakini bersama ketersediaan infrastruktur transportasi yang baik dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan logistik,” ujar Tamliha.

Dia juga berharap agar pembangunan Tol Cijago Seksi 3 ini agar segera diselesaikan sehingga secepatnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat mengingat arus lalu lintas (lalin) di Kota Depok semakin padat.

Adapun penyelesaian konstruksi Tol Cijago Seksi 3 akan meningkatkan konektivitas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II berdampak positif mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok, melancarkan mobilitas warga, dan mengurangi kemacetan di ruas tol lain.(fhm/sumber:kompas)