Wuih, Bandara Soekarno-Hatta dan Los Angeles International Airport Bakal Jadi Sister

  • Oleh : Naomy

Selasa, 30/Agu/2022 18:07 WIB
Pertemuan AP II dan LOWA Pertemuan AP II dan LOWA

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Wuih, Bandara Soekarno-Hatta dan Los Angeles International Airport Bakal Jadi Sister Airport.

Ya, PT Angkasa Pura II dan Los Angeles World Airport (LAWA) menjajaki kerja sama untuk menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dan Los Angeles International Airport (LAX) sebagai sister airport. 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Hari ini (30/8/2022) digelar pertemuan di antara President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin beserta jajaran, CEO LAWA Justin Erbacci dan Walikota Los Angeles Eric Garcetti. 

Muhammad Awaluddin menyebutkan, pengembangan bandara harus dilakukan secara menyeluruh termasuk memerhatikan jaringan yang dimiliki bandara, baik domestik maupun global. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

“AP II berupaya untuk melakukan pengembangan bandara secara menyeluruh. Selain melakukan pembangunan secara fisik seperti pengembangan terminal penumpang dan peningkatan kapasitas runway, kami juga ingin bandara memiliki jaringan yang luas baik di dalam negeri maupun jaringan global," tegasnya.

Pihaknya telah memiliki rencana pengembangan Bandara Soekarno-Hatta yang komprehensif. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Setelah Terminal 3 dibuka, dilakukan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2, lalu ke depannya pembangunan Terminal 4, pembangunan cargo village, pembangunan integrated building dan lain sebagainya. 

Pembangunan fisik ini perlu diikuti dengan perluasan jaringan global untuk semakin memperkuat posisi Bandara Soekarno-Hatta di dunia.

"Termasuk hari ini kami membahas kerja sama dengan Los Angeles World Airport selaku pengelola LAX,” ujar Awaluddin. 

LAX merupakan salah satu bandara terbesar dan tersibuk di dunia. Pada 2021 di tengah pandemi Covid-19, bandara itu mengumumkan berada di peringkat ke-5 di dalam daftar bandara tersibuk dunia yang dirilis Airport Council International (ACI) dengan jumlah penumpang sebanyak 48 juta orang. 

Saat ini operasional LAX didukung empat runway dan sembilan terminal penumpang pesawat. 

Awaluddin mengatakan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan LAX nantinya dapat menjalin kerja sama dalam bentuk sister airport untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan. 

Di dalam pertemuan dengan AP II, CEO LAWA Justin Erbacci menjelaskan bahwa saat ini LAX adalah salah satu pintu utama menuju Amerika Utara. 

Dia menuturkan, saat ini tengah dilakukan berbagai pengembangan di bandara tersebut, termasuk pembangunan Automated People Mover.

Di Bandara Soekarno-Hatta sendiri telah dioperasikan Automated People Mover atau dikenal juga dengan Skytrain/Kalayang sebagai moda transportasi untuk mendukung mobilitas penumpang pesawat dan pengunjung bandara dari dan ke Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Stasiun Kereta Bandara. 

“Terminal 2 dan Terminal 3 juga tengah dilakukan modernisasi yang akan segera dibuka, lalu juga modernisasi di Terminal 4 dan Terminal 5,” ungkap Justin.

Dituturkannya bahwa LAWA sangat menanti untuk dapat bekerjasama dengan AP II. 

“Kita dapat bekerjasama di berbagai bidang, teknologi, inovasi, serta berbagi best practice. Kami sangat menyambut kedatangan [AP II] untuk melihat apa yang telah kami lakukan [di Los Angeles International Airport],” imbuh Justin. 

Walikota Los Angeles Eric Garcetti dalam pertemuan itu menuturkan kerja sama yang diharapkan nantinya dapat membawa lebih banyak penumpang.

“Dapat membawa penumpang lebih banyak ke Anda, dan tentunya juga lebih banyak ke kami,” ucap Eric.

Penjajakan kerja sama dengan LAWA ini merupakan bagian dari upaya AP II memperluas jaringan global guna meningkatkan standar pengelolaan bandara-bandara di Indonesia. 

Sebelumnya, Changi Airport Group selaku pengelola Bandara Changi di Singapura juga sudah melakukan diskusi dengan AP II. Pertemuan jajaran direksi AP II dan jajaran direksi Changi Airport Group dilakukan pada awal bulan ini di kantor pusat AP II, kawasan Bandara Soekarno-Hatta. (omy)