Siaga Banjir, PMI Kota Bekasi Rutin Berikan Pelatihan Bagi Relawan

  • Oleh : Bondan

Rabu, 31/Agu/2022 14:58 WIB
Siaga Banjir, PMI Kota Bekasi rutin menggelar simulasi penanggulangan banjir, Rabu (31/8/2022). Foto: BeritaTrans.com. Siaga Banjir, PMI Kota Bekasi rutin menggelar simulasi penanggulangan banjir, Rabu (31/8/2022). Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi rutin melakukan simulasi penanggulangan banjir, Rabu (31/8/2022).

Simulasi tersebut dilakukan di sungai Kalimalang, Jalan Chairil Anwar Kota Bekasi. Kepala Markas PMI Imam Tri Subekti mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para relawan dalam kesiapsiagaan pada saat terjadi banjir.

Baca Juga:
PMI Kota Bekasi Kerahkan 7 Personel di Kebakaran Terminal BBM Pertamina Plumpang

Kepala Markas PMI Kota Bekasi, Imam Tri Subekti (kiri) bersama relawan PMI Kota Bekasi. Foto: BeritaTrans.com.

"Kegiatan ini dilakukan dua hari, kemarin kita sudah melaksanakannya di kampus Unisma. Hari ini aplikasi kesiapsiagaan bencana yaitu pengenalan perahu karet teknik-teknik evakuasi, karena di Kota Bekasi saat ini sudah 12 Kecamatan banjir semuanya. Jadi kita mempersiapkan para relawan di wilayah untuk melakukan kesiapsiagaan pada saat terjadi banjir," kata Imam kepada BeritaTrans.com, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga:
BPBD Kota Bekasi Serahkan Lagi Bantuan Logistik ke Korban Gempa Cianjur

Lebih lanjut dia menjelaskan, kegiatan simulasi ini rutin setiap tahun diselenggarakan bagi para relawan-relawan PMI Kota Bekasi dalam kesiapsiagaan dalam menghadapi banjir.

"Kita juga ada latihan-latihan penanggulangan bencana. Tidak hanya perahu karet saja, kita juga pelatihan pertolongan pertama dan evakuasi diselenggarakan PMI Kota Bekasi. Kita juga laksanakan pelatihan dibeberapa sekolah, melibatkan guru pembina dan anggota PMT di sekolah-sekolah. Jadi kita memang rutin setiap tahun dan setiap 3 bulan kita mengadakan pertemuan untuk melakukan kegiatan latihan rutin secara bersama," pungkasnya.

Baca Juga:
PMI Kota Bekasi Evakuasi Korban Diruntuhan Bangunan Pascagempa Cianjur

Kegiatan simulasi ini didampingi oleh BPBD Kota Bekasi dengan diikuti oleh perwakilan dari karang taruna hingga tokoh masyarakat Kecamatan, Kelurahan se-Kota Bekasi. (Bondan)