Sandiaga Lantik 35 Pejabat di Lingkungan Kemenparekraf

  • Oleh : Naomy

Selasa, 06/Sep/2022 07:42 WIB
Pelantikann pejabat  Kemenparekrag Pelantikann pejabat Kemenparekrag

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melantik 35 pejabat di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Baca Juga:
Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Poltekpar 2024 Resmi Dibuka

Sandiaga saat memberikan amanat Pelantikan di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Senin (5/9/2022) menyampaikan kutipan dari John C. Maxwell seorang penulis tentang leadership yang berbunyi a leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way. Leadership is not a position or a title, it is action and example. To be a good leader, you have to be a good teacher.

“Intinya bahwa seseorang memiliki jiwa leadership juga harus memperlihatkan aksi nyata dan contoh yang baik di mana pun kita bertugas, bekerja, dan apapun jabatan kita duduki,” ungkapnya.

Baca Juga:
Kemenparekraf Tingkatkan Kapasitas SDM Informasi Publik

Untuk menjadi pemimpin yang bijak dan inspiratif pun kata dia, harus menerapkan tujuh kemampuan utama.

Di antaranya terbuka pada masukan dan selalu siap membuka diri, terbuka pada inovasi dan ide-ide, menekankan pada upaya mendorong anggotanya untuk berkembang, keterampilan komunikasi yang baik, keterampilan interpersonal yang bisa berdampak luas, mendukung perubahan organisasi menjadi lebih baik, dan navigator konflik yang efektif.

Baca Juga:
Tahun Ini Kemenparekraf Siapkan 3.860 Kuota Mahasiswa Baru Poltekpar

“Saya terus menggaungkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, tapi itu bukan hanya jargon, melainkan harus menjadi apa yang kita lakukan setiap hari, menjadi pioneer dalam mempercepat diseminasi dan transformasi, teknologi informasi dan komunikasi. Bentuk jaringan sistem di tempat baru kalian bertugas. Eliminasi sekat-sekat birokrasi dan organisasi. Tingkatkan koordinai intra dan antar unit kerja secara terpadu. Dan sederhanakan akses dan tingkatkan transparansi dalam pelayanan publik,” urai Sandiaga.

Dia mengingatkan kepada seluruh pejabat yang dilantik Kemenparekraf memiliki target untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2024. 

Hal ini dapat diwujudkan apabila semua pihak bekerja sama dan mendukung secara all out pelaku ekonomi kreatif untuk naik kelas.

“Karena 97 persen penciptaan lapangan kerja ada di UMKM. Kalau kita fokus hadir di tengah-tengah masyarakat, kita dorong agar UMKM naik kelas, kita on boarding kan mereka ke ekosistem ekonomi digital. Saya yakin kita bisa terus membangun Indonesia yang lebih inklusif dan capaian kita naik 12 peringkat ke-32 mengalahkan Thailand, Vietnam, dan Malaysia di Travel and Tourism Index oleh World Economiy Forum, karena program kita bersifat inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan,” paparnya.

Di akhir amanatnya, Sandiaga berpesan agar jajarannya baru baru dilantik selalu menerapkan etos kerja 4 AS yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Fokus pada pencapaian tujuan organisasi dan bekerja sepenuh hati, disiplin, dan terpenting amanah. 

Dengan demikian diharapkan mampu mewujudkan organisasi yang fungsional, memiliki kinerja yang optimal dan berakhlak.

“Hal tersebut tentu diiringi dengan semangat 3G ‘gercep’ gerak cepat, fast, ‘geber’ gerak bersama, ‘gaspol’ garap semua potensi untuk menciptakan lapangan kerja termasuk online.  Marilah kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita banyak menghadapi tantangan dan dinamika, terutama dengan ancaman inflasi, tapi kita harus bersatu-padu, saya yakin kita bisa melewati tantangan ini,” katanya

Ke-35 pejabat yang dilantik terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 18 orang, Direktur Politeknik Pariwisata Palembang sebanyak satu orang, Direktur Keuangan, Umum, dan Komunikasi Publik Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) sebanyak satu orang, Kepala Divisi Keuangan BPOB sebanyak satu orang, Pejabat Administrasi sebanyak enam orang, serta Pejabat Fungsional sebanyak delapan orang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Sekretaris Utama Kemenparekraf/ Ni Wayan Giri Adnyani, dan para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf. (omy)