BPSDMP Geber Penerapan Prestasi pada 291 Lulusan PIP Semarang

  • Oleh : Naomy

Rabu, 07/Sep/2022 05:29 WIB
Wisudawan PIP Semarang Wisudawan PIP Semarang


SEMARANG (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) kembali mewisuda 291 lulusan Program Diploma IV Pembentukan Diklat Pelaut (DP) III Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. 

Upacara Wisuda dipimpin langsung oleh Sektretaris BPSDMP, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi di Kampus PIP Semarang, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Terhadap lulusan baru itu, pihaknya menggebber penerapan Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas) sebagak salah satu slogan BPSDMP.

"Dengan begitu, para wisudawan diharapkan menjadi insan maritim yang professional, berintegritas, beretika serta berwawasan global untuk mewujudkan konektifitas logistik dan memacu kembali perekonomian Indonesia di kancah maritim internasional," tutur Capt. Arif.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Menurutnya, wisudawan harus siap menghadapi era digitalisasi dimana hal tersebut secara fundamental akan merubah kehidupan serta bagaimana cara bekerja, karena perkembangan teknologi informasi semakin pesat.

“Kehidupan kita, pekerjaan kita dan banyak lagi yang akan berubah karena pengaruh revolusi industri kali ini. Demikian pesatnya teknologi informasi pada era Society 5,0 sehingga pemerintah harus menyesuaikan kondisi terkini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ungkapnya.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Pemerintahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo juga terus mendorong pembangunan SDM, salah satunya para pelaut, untuk mewujudkan indonesia sebagi Poros Maritim Dunia.

“Presiden terus mendorong pembangunan SDM demi mewujudkan SDM yang unggul, untuk Indonesia maju khususnya menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, walaupun dalam kondisi pandemi yang saat ini masih belum mereda,” tambahnya.

Poros Maritim tersebut bertujuan untuk menjadikan Indonesia menjadi negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengawal kepentingan dan keamanan maritim.

Selain itu juga, memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan Indonesia melalui pendidikan.

“Pendidikan diyakini sebagai salah satu bidang yang memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan suatu bangsa, bahkan menjadi faktor dominan dalam peningkatan kecerdasan bangsa. Tanpa bangsa yang cerdas tidak mungkin bangsa dapat ikut serta dalam percaturan global," imbuh dia.

Capt. Arif berpesan  agar wisudawan berpegang teguh pada kebenaran dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas saudara di masa datang serta jaga konsistensi agar menjadi insan yang memiliki integritas tinggi demi mencapai potensi yang maksimal. 

“Jadilah lulusan yang cerdas dan cakap, jadilah lulusan yang energik, yang punya nyali, yang tangguh, yang memberikan inspirasi bagi masyarakat, dan lentur terhadap dinamika perubahan di masyarakat. Bhineka Eka Bhakti Samudra. Berbeda-beda namun bersatu untuk mendharmabaktikan diri di samudra. Mari Bangun Negeri ini,"  katanya

Senada dengan hal tersebut di atas, Direktur PIP Semarang, Capt. Dian Wahdiana mengungkapkan, para wisudawan telah menempuh pendidikan sesuai dengan Kurikulum Program Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan dan Peningkatan Kompetensi di Bidang Pelayaran. 

Di mana pelaksanaan pendidikan dilakukan secara tatap muka dan pembelajaran jarak jauh. 

“Para wisudawan juga telah melalui Ujian keahlian Pelaut yang dilaksanakan di PUKP 05 Semarang," ucapnya. 

Para wisudawan dan peserta diklat ini dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan dan lulus serta berhak memperoleh Certificate of Competency (COC)/ sertifikat keahlian pelaut sesuai dengan tingkatannya.

Upara Wisuda PIP Semarang kali ini diikuti sebanyak 291 wisudawan Program Diploma IV Pembentukan DP III, yang terdiri dari  Program Studi Nautika sebanyak 109 orang, Program Studi Teknika 75 orang, dan Program Studi Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan sebanyak 107 orang.

Selain itu upacara ini juga diikuti sebanyak 175 lulusan Diklat Peningkatan Pelaut yang terdiri dari, Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat I sebanyak 34 orang, Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat  II sebanyak 37 orang, Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat III sebanyak 61 orang, Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat IV sebanyak 24 orang, dan Diklat Peningkatan Pelaut Tingkat V sebanyak 19 orang. (omy)