Wisuda Perwira Poltekpel Sumbar, Sekretaris BPSDPM Ingatkan Pentingnya Menjaga Profesionalitas

  • Oleh : Naomy

Kamis, 08/Sep/2022 14:08 WIB
Wisuda Poltekpel Sumbar Wisuda Poltekpel Sumbar


PADANG (BeritaTrans.com) – Era Industri 4.0 saat ini telah memasuki masa transisi menuju Era Society 5.0 di mana kemajuan teknologi di berbagai sektor kehidupan berkembang lebih cepat.

"Oleh karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten, profesional, serta mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan kemajuan teknologi yang ada," tutur Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Capt. A. Arif Priadi saat memimpin Upaca Wisuda Perwira Transportasi Laut Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Wisuda Perwira Transportasi Laut kali ini mengusung tema “Safe and Secure Voyage Through Professional Human Resources” dan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara disiplin berlokasi di Lapangan Compass Poltekpel Sumbar.

“Tema yang diusung hari ini merupakan kebijakan utama dalam penyelenggaraan Transportasi termasuk dalam pelayaran untuk itu lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Perhubungan termasuk Poltekpel Sumbar, harus mencetak SDM yang memiliki kompetensi, ilmu pengetahuan, dan profesional di bidangnya," urainya.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

SDM transportasi kata dia, dididik untuk selalu menjadikan safety, security, service, dan compliance sebagai faktor penting yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan transportasi laut, di tengah kondisi dunia yang terus berubah serta berbagai tantangan yang dihadapi saat ini.

“Seluruh wisudawan saya harap dapat menjadi Agent of Change yang memiliki kompetensi unggul dan berdaya saing tinggi sehingga dapat berkontribusi dalam mewujudkan serta meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran," tambahnya.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dia juga berpesan kepada seluruh wisudawan agar tidak cepat berpuas diri, namun harus terus menerus secara konsisten meningkatkan knowledge, skill, attitude serta softskill yang saat ini menjadi salah satu faktor penting untuk dapat bersaing dengan pelaut-pelaut dari berbagai belahan dunia. 

“Jadilah lulusan yang cerdas dan cakap. Jadilah lulusan yang energik, yang punya nyali, tangguh, inspiratif dan lentur terhadap dinamika perubahan di masyarakat. Tetap jaga semangat agar dapat terus berkarya, berpikiran maju, memiliki semangat leadership serta memberikan sumbangsih yang nyata kepada masyarakat sehingga nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas) yang menjadi slogan BPSDMP dapat diwujudkan secara nyata," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Capt. Wisnu Risianto melaporkan bahwa jumlah Perwira Transportasi Laut yang diwisuda sebanyak 114 orang.

Mereka terdiri dari Program Studi Nautika 31 orang, Program Studi Teknologi Teknika 21 orang, Program Studi Transportasi Laut 36 orang, dan Diklat Peningkatan Ahli Nautika Tingkat III 20 orang.

“Dari total 114 orang calon Perwira Transportasi Laut terdapat empat orang di antaranya memiliki prestasi membanggakan dengan predikat kelulusan sangat memuaskan sehingga layak untuk mewakili para calon Perwira Transportasi Laut guna dilantik secara simbolis," ungkapnya. (omy)