Kaisar Jepang Naruhito Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Perjalanan LN Pertama sejak Naik Takhta

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 10/Sep/2022 22:24 WIB
Kaisar Jepang, Naruhito, dan istrinya, Permaisuri Masako. (Foto: Dok. 2020) Kaisar Jepang, Naruhito, dan istrinya, Permaisuri Masako. (Foto: Dok. 2020)

TOKYO, (BeritaTrans.com,)  – Kaisar Jepang Naruhito berencana untuk menghadiri pemakaman pemimpin Inggris, Ratu Elizabeth II. Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kemungkinan juga hadir dalam acara itu. 

Ini akan menjadi perjalanan luar negeri pertama Naruhito sejak naik takhta pada Mei 2019. Permaisuri Masako juga telah menyatakan keinginannya untuk hadir dalam pemakaman ratu Inggris itu. 

Media Jepang seperti NTV, TBS, serta media lainnya pada Jumat melaporkan, pemerintah negeri sakura telah mengatur perjalanan mereka, dengan mengutip sejumlah sumber.

Menurut Reuters, Kishida masih mempertimbangkan untuk menghadiri pemakaman Elizabeth II. Menurut Inggris, acara itu akan diadakan dalam waktu kurang dari seminggu. 

TV Asahi melaporkan, Kishida sendiri juga memiliki agenda kunjungan luar negeri ke New York, AS, akhir bulan ini. Rencananya, dia bakal menghadiri Sidang Umum PBB di kota itu. 

Kantor Perdana Menteri Jepang dan Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang belum dapat dihubungi untuk mengomentari laporan sejumlah media terkait rencana kunjungan Naruhito dan Kishida ke Inggris itu.

Para bangsawan Inggris dan keluarga Kekaisaran Jepang memiliki hubungan yang sudah lama terjalin. Kaisar Naruhito sebenarnya telah diundang ke Inggris oleh Ratu Elizabeth II pada 2020. Akan tetapi, perjalanan itu ditunda karena pandemi Covid-19.

Sementara, Ratu Elizabeth II pernah mengunjungi Jepang pada 1975 untuk bertemu dengan Kaisar Hirohito,  kakek dari Naruhito. Kishida pada Jumat (9/9/2022) kemarin mengatakan, Elizabeth II telah memberikan “kontribusi besar” untuk memperkuat hubungan Jepang dengan Inggris.

Peristiwa seorang kaisar Jepang menghadiri pemakaman kerajaan di luar negeri boleh dibilang jarang terjadi. Terakhir, Kaisar Akihito—yang sekarang berstatus kaisar emeritus—menghadiri pemakaman kenegaraan Raja Baudouin dari Belgia pada 1993. Kala itu, Akihito datang ke Belgia bersama dengan Permaisuri Michiko.        (ny)Sumber:iNews id)